oleh

Sasa Putri Kesayangan Kades Era, Sabet Juara 1 di Ajang Lomba Bertutur Tingkat SD Morut 2024

Morut-Venezha Groliris Divanna Moenggo atau biasa di sapa Sasa, putri kesayangan dari pasangan Kepala Desa (Kades) Era, Ferdinan Moenggo dan Ibu pdt Asrin Tandoapu, berhasil menyabet juara 1 dalam kegiatan lomba Bertutur tingkat Sekolah Dasar (SD)/Madrasah Ibtidaiyah Se Kabupaten Morowali Utara (Morut) tahun 2024, yang di selenggarakan oleh Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Daerah Morut, di Hotel Bougenvile Kolonodale Kecamatan Petasia, Kabupaten Morut, Senin (13/05/2024) pagi.

Sasa yang merupakan murid Kelas 5 di SDN Tomata Kecamatan Mori Atas ini, berhasil menjadi juara pertama, setelah dalam kompetisi tersebut berhasil mengungguli 5 peserta lainnya. Torehan hasil terbaik ini juga, sekaligus menghantarkannya untuk mewakili Kabupaten Morut di ajang lomba Bertutur tingkat Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) yang akan di gelar Dinas Perpustakaan Sulteng pada Juni 2024 di Palu.

Adapun lomba Bertutur yang di sajikan oleh Sasa pada ajang tingkat Kabupaten tersebut, yakni cerita tentang Ndoi Losi dan Ndoi Laoe, atau asal muasal terbentuknya Desa Saemba Walati.

Sasa yang dikofirmasi media ini, usai pelaksanaan lomba, berjanji akan berupaya semaksimal mungkin, untuk bisa memberikan penampilan terbaiknya di ajang lomba Bertutur tingkat Provinsi Sulteng nantinya.

“Saya akan berupaya semaksimal mungkin, untuk bisa memberikan yang terbaik bagi sekolah dan bumi tepo asa aroa tercinta,” katanya dengan nada polos.

Terpisah, Kadis Perpustakaan Dan Kearsipan Daerah Morut, Chester Tumimomor, menjelaskan, lomba Bertutur tersebut, merupakan ajang kompetisi tahunan, yang dilaksanakan dalam rangka mencari pemenang untuk mewakili Morut di tingkat Provinsi Sulteng nantinya.

Ia menjelaskan juga, lomba Bertutur merupakan perlombaan yang di dalamnya menceritakan tentang cerita rakyat atau legenda yang ada di masyarakat, seperti contoh tentang asal muasal terbentuknya Desa Saemba Walati atau terbentuknya Danau Tiu.

“Kami berharap, bagi anak yang sudah terpilih mewakili Morut di tingkat Provinsi Sulteng nantinya, dapat memberikan penampilan terbaiknya bagi daerah yang kita cintai,” jelas mantan Kadis Perikanan Morut itu.(NAL)