oleh

Sambuaga : Bitung Salah Satu IKM/UMKM Yang Berikan Dampak Kinerja Ekspor Nasional

Wali Kota Bitung, Ir. Maurits Mantiri, MM bersama Wamendag RI, Dr. Jerry Sambuaga

Bitung, Redaksisulut – Wali Kota Bitung, Ir. Maurits Mantiri, MM terima langsung kunjungan Wakil Menteri (Wamen) Perdagangan RI, Dr. Jerry Sambuaga di Sentra Industri Kecil Menengah (IKM), Kelurahan Sagerat, Kecamatan Matuari. Jumat, (22/4/2022).

Kujungan tersebut dalam rangka peresmian Rumah Produksi Sentra IKM Kota Bitung sekaligus melaunching Kick Off Duta IKM/UMKM Go Export Produk Lokal untuk Global.

Dalam sambutan, Wamen menyampaikan terima kasih kepada Wali Kota Bitung bersama jajaran dimana bisa melaksanakan launching produk IKM/UMKM setelah kunjungan sebelumnya.

“Saya sudah berbicara banyak mengenai produk-produk IKM/UMKM Kota Bitung bersama Wali Kota dan saya sangat merasa senang dan bangga akan adanya produk lokal buatan IKM/UMKM Kota Bitung”. Katanya.

Dalam kesempatan Sambuaga juga menjelaskan bahwa data dari BPS Kinerja Eksport Indonesia secara keseluruhan dari bulan Desember tahun 2021 dimana nilai eksport Nasional adalah 230 Miliar US Dolar dan itu tertingi semenjak 15 tahun terakhir.

“Untuk Neraca perdagangan kita mencapai 35,34 Miliar US Dolar tertinggi semenjak tahun 2011 dan UMKM berkontribusi untuk PDRB sudah lebih 70% dan itu sangat membantu bagi masyarakat”. Kata Sambuaga.

Lanjutnya bahwa, eksport kita ditahun ini sangatlah baik, mulai dari kontribusi dari setiap daerah termasuk Kota Bitung juga memberikan dampak yang signifikan terhadap kinerja eksport Nasional dan Pengembangan pusatnya ada di IKM/UMKM.

“Jangan pernah sungakan untuk meminta bantuan kepada Kemendag karena kita selalu berupaya dan memastikan agar supaya perkembangan ini terus-menerus berkelanjutan”. Tutup Sambuaga.

Sementara itu, Wali Kota Bitung juga menyampaikan bahwa saat ini kita telah memiliki 3 produk IKM/UMKM yang sudah tembus pasar Amerika Serikat, tinggal bagaimana terobosan dari Wamen untuk kita bersama mengembangkan produk yang siap eksport.

“Produk UMKM inilah yang kita anggap sebagai pahlawan Kota Bitung yang berani mengambil kesempatan dan berupaya agar produk-produk Kota Bitung bisa masuk pasar global sebagaimana juga harapan dari Presiden”. Kata Maurits, seraya menyampaikan bahwa hal ini akan menjadi target kita untuk meningkatkan produk lokal dengan belanja dari produk lokal yang kita miliki, tinggal bagaimana meningkatkan packaging kita dan juga eksport menjadi lebih baik lagi.

Hadir juga dalam kegiatan, Sekretaris Direktorat Perundingan Perdagangan Internasional, Ari Satria, Direktur Perundingan Perdagangan jasa, Basaria Tiara beserta para jajaran Pemkot Bitung. (Wesly)