Rombongan Dinas Kesehatan Poso Dihadang OTK bersenjata Api

Ilustrasi

POSO – Rombongan pegawai Dinas Kesehatan (Dinkes) Poso yang menuju kota Poso seteleh melaksanakan perjalanan dinas di wilayah Napu, Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah, Sabtu, (8/8/2020),sekitar pukul 19.00 WITA , dihadang kelompok bersenjata api di jalan trans Sulawesi antara wilayah Hae dan Sanginora, tepatnya dekat dengan titik jalan rusak. 

Rombongan yang berjumlah 10 orang itu dengan menggunakan mobil dinas Hailux doublecabind warna putih dan Avansa warna Silver, dalam keterangannya saat di temui Unit mengakui penghadangan orang yang tidak di kenal (OTK) yang bersenjata api itu berjumlah 10 orang.

Mereka itu diduga adalah pentolan Mujahidin Indonesia Timur (MIT) yang masuk dalam daftar pencarian orang (DPO) di wilayah itu.

“Sekitar pukul 19.00 WITA, kami dihadang OTK sekitar 10 orang ketika melakukan perjalanan dari Napu akan balik ke Poso, tepatnya di dekat jalan rusak antara Hae dan Sanginora,”kata sumber kepada Unit.

Masih menurut sumber kata Unit, awalnya rombongan Dinkes Poso itu mengira terjadi kecelakaan lalulintas saat dihentikan oleh sekelompok orang.

Namun tiba-tiba beberapa diantara mereka langsung menghampiri kedua mobil yang ditumpangi oleh rombongan pegawai Dinkes Poso sembari mengambil kunci mobil.

Setelah mengambil kunci mobil lanjutnya, OTK tersebut menanyakan KTP para penumpang di kedua mibil tersebut.

“Mana KTP kalian sembari menanyakan agama para penumpang di kedua mobil itu,”kata Unit sebagaimana pengakuan sumber.

Selanjutnya, OTK langsung menjarah setiap orang yang berada didalam mobil dengan mengambil, diantaranya, beras, uang, anack, jam tangan milik sopir.

Bahkan OTK sempat meminta powerbeng akan tetapi para anggota rombongan Dinkes Poso itu tidak ada yang membawahnya.

Usai menjarah, OTK yang menenteng senjata api laras panjang, pistol, parang langsung pergi meninggalkan lokasi penghadangan.

 Sedangkan rombongan pegawai Dinkes Poso langsung melanjutkan perjalanan menuju ke Poso dengan penuh rasa ketakutan.

“Sebagaimana yang di saksikan sumber dan didengar oleh rekan-rekannya, OTK itu terdapat DPO Ali Kalora, DPO Nae dan DPO alvin,”ujar Unit.

Kini, rombongan pegawai Dinkes Poso itu tiba dengan selamat di Kota Poso, namun mereka masih diliputi perasaan trauma akibat dihadang oleh OTK bersenjata api.

“Dari keterangan sumber,diperkirakan DPO tersebut berada di daerah Pegunungan Sanginora, dikarenakan mereka turun ke jalan dan menghadang dalam keadaan basah, kata Unit.

Olehnya, Unit akan terus melakukan pendalaman dengan mencari informasi terkait kendaraan DPO MIT itu.(Johnny)  

Related posts