Program Germas,Dr Maya : Wujudkan Pola Hidup Sehat Dan Jaga Lingkungan Agar Tetap Bersih

dr Maya Cintya Rambitan M.Kes

Tondano – Program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) merupakan langkah Pemerintah Kabupaten Minahasa untuk mewujudkan masyarakat hidup sehat dan menciptakan lingkungan yang sehat. Dan langkah tersebut sesuai dengan Program Bupati Minahasa Ir Royke O Roring M.Si dan Waki Bupati Robby Dondokambey SSi, dalam upaya menggalakan Germas,hingga ke desa-desa.

Hal itu di katakan Sekretaris Dinas Kesehatan Pemerintah Kabupaten Minahasa dr Maya Cintya Rambitan M.Kes, di ruang kerjanya, Senin (29/07/2019).

Menurutnya dalam mewujudkan pola hidup sehat,ada beberapa hal yang perlu di jaga oleh masyarakat diantaranya  perilaku hidup sehat masyarakat. Dan ada 5 (lima) langkah utama yang harus dibiasakan pada lingkungan masyarakat. Pertama, dalam 1×24 jam minimal 30 menit kita harus melakukan aktifitas fisik (Olahraga). Kemudian yang ke-2 (dua), membiasakan makan sayur dan buah baik dewasa maupun anak anak. Ke-3 (tiga), kita harus memeriksa kesehatan minimal 6 bulan sekali serta yang ke-4 (empat), dilarang merokok dan minuman yang beralkohol dan ke 5 (lima) lingkungan harus bersih.

“Lima langkah sederhana menjalankan pola hidup sehat di lingkungan sekitar, olahraga, makan bergizi, periksa kesehatan secara berkala dan jauhi rokok maupun minuman keras. Jika semua itu dijalankan, masyarakat dan lingkungan akan ikut sehat,” jelas Dr. Maya.

Dikatakan, selain itu, untuk mendapatkan hidup sehat yang berkualitas, masyarakat juga diminta untuk menjaga kondisi dan kebersihan lingkungan. Mulai dari memelihara kebersihan rumah hingga lingkungan sekitar rumah, setidaknya membuang sampah pada tempat lubang sampah masing – masing.

“Saya berharap, masyarakat menjaga lingkungan sekitar dengan baik, sehingga tercipta lingkungan sehat dan bersih,”ucap Dr. Maya seraya menambahkan ada beberapa hal yang menjadi bahan sosialisasi dari pihaknya diantaranya  perilaku hidup sehat masyarakat.

“Kami mengajak masyarakat melakukan aktivitas fisik, mengonsumsi sayuran atau buah, tidak merokok dan tidak minum minuman keras, serta rutin membersihkan lingkungan,” tandasnya. (Ronny Rantung)

Related posts

Leave a Comment