oleh

Polres Minahasa Gelar Apel Pasukan Operasi Patuh Samrat Tahun 2023

Minahasa-Polres Minahasa menggelar Apel Pasukan Kepolisian Kewilayahan Patuh Samrat Tahun 2023, bertempat di Lapangan Apel Tantya Sudhirajati Mako Polres Minahasa. Senin (10/07/2023).

Apel Pasukan tersebut di pimpin Kapolres Minahasa AKBP. Ketut Suryana, SI.K, SH, dan di hadiri Dandim 1302 Minahasa Letkol. Inf. Mutakbir serta Asisten I Setda Kabupaten Minahasa Drs. Riviva Maringka, M.Si.

Dalam arahannya Kapolres Minahasa mengatakan, momen Operasi Patuh Samrat tahun ini juga bersamaan dengan penyelenggaraan agenda Nasional yaitu Pemilu 2024 di mana pada saat ini sudah dalam tahap keenam yaitu pencalonan DPD dan DPR maupun DPRD .

“Ini merupakan salah satu bentuk upaya kita untuk menggapai kesuksesan pesta demokrasi Pemilu 2024.” Ujar Kapolres.

Lebih lanjut Kapolres Minahasa menyampaikan Operasi Kepolisian bersama dengan TNI, Pemerintah Daerah, Mitra Kamtibmas dan semua stakeholders yang ada di kabupaten Minahasa.

“Menggelar Operasi Patuh Samrat 2023 selama 14 Hari, mulai tanggal 10 sampai dengan 23 Juli 2023, yang difokuskan pada bidang lalu lintas, dengan mengedepankan kegiatan dalam penegakan hukum berlalulintas juga memberikan pelayanan prima kepada masyarakat.” jelas Kapolres.

Kapolres Minahasa menambahkan, dalam operasi patuh Samrat ini, lakukan terobosan kreatif yang dapat dipertanggungjawabkan secara hukum, untuk mewujudkan Kamtibmas dan kamseltibcar lantas yang aman, nyaman dan kondusif selama pelaksanaan operasi.

“Dalam Operasi patuh Samrat ini , lakukan tindakan tegas santun humanis terhadap setiap pelanggaran yang berpotensi menimbulkan gangguan kamtibmas maupun kamseltibcar lantas selama pelaksanaan operasi.Dan seluruh petugas harus mawas diri dan hati-hati dalam bersikap, karena masyarakat selalu mengawasi perilaku baik dalam bertugas maupun dalam bermasyarakat”. Ucap Kapolres.

Diakhir sambutannya,Kapolres Minahasa menyampaikan terima kasih atas partisipasi segenap pihak dalam menyelenggarakan apel gelar pasukan ini dan mengikuti arahan Presiden dalam upacara HUT Bhayangkara ke-77 tahun.

Diketahui, situasi terkait kamseltibcar lantas, angka kecelakaan lalu lintas selama 3 bulan terakhir mengalami kenaikan yang signifikan yaitu sebesar 87,25% dari sejumlah 226 kecelakaan pada bulan Maret menjadi 231 kecelakaan pada bulan april menjadi 259 sampai pada bulan Mei. Untuk korban meninggal dunia akibat kecelakaan lalu lintas juga mengalami kenaikan 70%.

Hadir dalam Apel Opreasi Patuh Samrat ini,Kadis Kesehatan Kab.Minahasa dr.Oliviane Rattu, M.Si,Sekretaris Dinas Damkar Kab. Minahasa Jhon Pantow, SIP, Kabid Ketertiban Pol PP.

Serta di hadiri peserta apel,1 Pleton Kodim 1302 Minahasa,1 Pleton Gabungan Staf,1 Pleton Samapta Polres Minahasa,1 Pleton Sat Lantas,1 Pleton Gabungan Intel dan Reskrim,1 Pleton Pol PP Kab. Minahasa,1 Pleton Dinas Damkar Kab. Minahasa,1 Pleton Ormas LMI Kab. Minahasa. (Ronny)