oleh

Pokeang Wakili Bungku Utara di Lomba Desa Tingkat Morut 2024

-Berita-440 Dilihat

Morut-Pelaksanaan Lomba Desa Tingkat Kabupaten Morowali Utara (Morut) Tahun 2024 telah dimulai.

Desa Pokeang menjadi Desa pertama yang dikunjungi oleh tim penilai lomba Desa.

Pokeang sendiri menjadi Desa yang mewakili Kecamatan Bungku Utara pada Event tahunan tersebut.

Bertempat di pelataran kantor Desa Pokeang, Jumat, (03/05/2024), Wakil Bupati (Wabup) Morowali Utara (Morut), H Djira K SPd MPd, membuka secara resmi lomba Desa tersebut.

Wabup Djira, dalam sambutannya, menjelaskan, tema yang diambil pada pelaksanaan lomba Desa 2024 ini adalah “Wujudkan Masyarakat Sejahtera Melalui Belanja Desa Yang Berkualitas”.

Ia mengaku bahagia, karena saat ini di Kabupaten Morut, sudah tidak ada lagi Desa dengan status sangat tertinggal.

“Sejak 2023 Morut sudah tidak memiliki Desa, sangat tertinggal. Artinya perkembangan Desa yang ada sudah sangat signifikan, ” jelas Wabup Djira.

Wabup Djira, mengingatkan kembali kepada seluruh komponen Desa yang hadir, bahwa fungsi Desa hanya ada dua yakni pemberdayaan masyarakat dan pengoptimalan potensi yang ada di Desa.

Desa yang dapat mengoptimalkan kedua fungsi tersebut, maka Desa tersebut akan lebih cepat tumbuh dan berkembang dengan baik.

“Kepada seluruh Kades, BPD, TP PKK dan juga masyarakat di Pokeang, kami ucapkan selamat dan terima kasih telah mempersiapkan diri dalam lomba Desa kali ini,” ujarnya.

Sementara itu, Kades Pokeang, Jalauddin, mengatakan, Pemdes bersama seluruh masyarakat merasa bangga karena pada 2024 ini, bisa mengikuti lomba Desa tingkat Kabupaten.

Kata dia, sesuai tema lomba Desa 2024 ini, Pemdes telah melakukan belanja Desa sesuai skala prioritas dari usulan masyarakat yang ada di Pokeang.

” Pokeang memiliki progres perkembangan yang sangat pesat. Hal ini terbukti dari Indeks Desa membangun dimana pada 2022 Pokeang masih berstatus Desa Tertinggal. Namun hanya dalam waktu 1 Tahun, yakni di 2023 ini Pokeang telah berstatus menjadi Desa berkembang, ” katanya.

“Kami optimis kedepannya Desa ini dapat semakin tumbuh dan berkembang, sehingga masyarakat yang ada bisa sejahtera, ” ungkapnya.

Kegiatan ditutup dengan Penyerahan bantuan pupuk Herbisida dari Pemda Morut kepada Desa Boba, Opo, Kalombang dan Tirongan Bawah.

Hadir dalam kegiatan itu, Wakil Ketua TP PKK Morut, Widyawati M. Djira, Danramil 1311-06 Bungku Utara diwakili Serda Sultan, Kapolsek Bungku Utara diwakili Bripka Suartika, Kadis PMD Drs H Andi Parenrengi, Camat Bungku Utara, Asgar Lawahe SPd, Ketua TP PKK Kecamatan Bungku Utara, sejumlah Pejabat Eselon II dan III di Lingkup Pemda Morut, para Kades, tokoh agama dan tokoh masyarakat yang ada di Bungku Utara. (Diskominfo/Morut)