oleh

Pj Bupati Rinny Tamuntuan Hadiri Pencanangan GOAL dan Posyandu Remaja di Kecamatan Manganitu

Tahuna-Penjabat Bupati Kabupaten Kepulauan Sangihe dr Rinny Tamuntuan menghadiri pencanangan GOAL dan Posyandu Remaja di SMP3 Manganitu Selasa (5/9/23).

Julian Pesik SSTP selaku Camat Manganitu menuturkan GOAL atau Gerakan Orang Tua Asuh Kolaborasi adalah sebagai salah satu Upaya dalam penanganan stunting di wilayahnya.

“Berdasarkan amanat Perpres Nomor 72 Tahun 2021 serta menunjang komitmen pemerintah daerah di bawah kepemimpinan ibu penjabat bupati kepulauan sangihe dalam tiga program prioritas yakni ketahanan pangan, pencegahan dan penanganan stunting serta pengentasan kemiskinan ekstrim dan yang menjadi sasaran pencanangan program adalah remaja, calon pengantin, ibu hamil, ibu menyusui serta anak usi 0 sampai 59 bulan.” Jelas Pesik.

Menurut Pesik Aksi pendukung kegiatan yakni penyiapan data keluarga berisiko stunting, pendampingan keluarga berisiko stunting, surfeilens keluarga berisiko stunting dan audit kasus stunting. ” Salah satu program inovasi Kecamatan Manganitu dalam penanganan dan pencegahan stunting adalah GRAK BERACTING atau Gerakan Bersama Cegah Atasi Stunting ” Jelas Pesik.

Pesik juga melaporkan bahwa Kecamatan Manganitu dalam penanganan dan pencegahan stunting juga melaksanakan beberapa kegiatan di antaranya pembentukan dapur gizi di 18 kampung, deklarasi stop BABS yang turunannya adalah jambanisasi di 18 kampung.

“Program lintas sektor lainnya adalah intervensi terhadap prioritas penggunaan dana desa tahun 2023 dan 2024 agar semua program penanganan dan pencegahan stunting masuk dalam pemanfaatan dana desa,” Pungkas Pesik. (Yoss)