oleh

PJ Bupati Albert Huppy Wounde Jadi Irup Peringatan Hari Lahir Pancasila 2024

Tahuna-Jadi Inspektur,  Penjabat Bupati (PJ)  Albert Huppy Wounde SH, MH pimpin langsung   upacara memperingati Hari Lahir Pancasila yang digelar Pemerintah kabupaten Sangiihe  di lapangan Santiago rumah jabatan, Senin (3/6/24) dihadiri oleh Asisten , kepala  organisasi perangkat daerah, unit kerja, camat, serta seluruh pejabat administrator, pengawas, dan fungsional ASN juga P3K  bersama THL.

Sebelum  membacakan sambutan  Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia,  Penjabat Bupati Sangihe mengajak seluruh peserta upacara untuk memanjatkan puji syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Kuasa, oleh karena hanya  perkenaan Tuhan, umat manusia masih diberikan kekuatan dan kesempatan untuk beraktifitas dan  menghadiri upacara.

“Pancasila sebagai jiwa pemersatu bangsa, Pancasila menyatukan kita dengan segala perbedaan suku, agama, budaya, dan bahasa dalam menyongsong 100 tahun Indonesia Emas yang maju, mandiri, dan berdaulat,” ungkap Wounde.

Perayaan kali ini mengangkat tema Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045. “Diharapkan dapat menggugah kesadaran nasional bahwa keberadaan Pancasila adalah anugerah Tuhan yang Maha Esa untuk bangsa Indonesia yang terkandung didalamnya nilai-nilai luhur yang mencerminkan inklusivitas, toleransi, dan gotong royong, sebagai fondasi kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara” Ujar Wonde

PJ Bupati mengajak seluruh komponen bangsa untuk terus membumikan nilai-nilai Pancasila dalam setiap aspek kehidupan, serta menjadikannya sebagai ideologi yang dirasakan manfaatnya oleh seluruh rakyat Indonesia. Dalam era globalisasi dan kemajuan teknologi informasi saat ini, Pancasila harus menjadi filter agar bangsa Indonesia tidak mengalami disorientasi di masa depan.

Diakhir sambutannya Wounde mengajak seluruh komponen bangsa, khususnya kaum milenial dan generasi Z, untuk mengutamakan Pancasila dengan metode dan cara-cara kekinian dalam menyongsong bonus demografi “Mari kita bersama-sama bergotong-royong merawat anugerah Pancasila demi Indonesia yang maju, adil, makmur, dan berwibawa di kancah dunia” ajak Wounde

“Selamat Hari Lahir Pancasila. Semoga Tuhan Yang Maha Esa senantiasa memberikan perlindungan dan petunjuk kepada kita semua untuk kejayaan bangsa dan negara Indonesia” Ucap Wounde. (Yoss)