Pemkot Tomohon Evaluasi Kota Layak Anak

Tomohon – Asisten Kesra Setda Kota Tomohon Drs. O.D.S Mandagi mewakili Walikota Tomohon Jimmy F. Eman, SE.Ak membuka kegiatan Evaluasi Kota Layak Anak (KLA) dan Evaluasi Pengarusutamaan Gender (PUG) serta melantik Forum Anak Kota Tomohon yang dilaksanakan di Gedung Mal Pelayanan Publik (MPP) Lantai 3, Senin (4/11/19).

Dalam Sambutan Walikota Tomohon  yang dibacakan Asisten I menyampaikan bahwa Kota Tomohon telah mendapatkan penghargaan Kota Layak Anak sejak tahun 2018 dan tahun 2019.

“Diharapkan kepada semua stakeholder untuk tahun 2020,kami tetap berharap dapat menerima penghargaan KLA Tingkat lebih lanjut karena dengan penghargaan ini menandakan hak-hak anak di Kota Tomohon terpenuhi,” Ujar Mandagi.

Begitu juga dengan tahun 2020 untuk program Pengarusatamaan Gender (PUG) pemerintah pusat akan menilai komitmen pemerintah daerah dalam pelaksanaan pembangunan dan perencanaan pembangunan yang responsive gender, hal ini akan diberikan reward berupa Penghargaan Anugerah Parahyta Ekapraya (APE).

Diharapkan pula kerjasama yang baik dari seluruh pokja PUG yang didalamnya adalah seluruh perangkat daerah untuk menunjang program ini, agar pembangunan di Kota Tomohon boleh dinikmati oleh semua masyarakat karena melakukan pembangunan yang responsive gender.

“Kepada anak-anak yang baru saja dilantik, diharapkan setelah dilantik Forum Anak ini boleh melaksanakan tugas dengan baik,” Ujar Mandagi.

Laporan Kadis Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Tomohon dr. Olga Karinda dalam sambutannya mengatakan bahwa tujuan pelaksanaan kegiatan ini diantaranya untuk memperoleh data dan informasi dari perangkat daerah tentang pelaksanaan PUG, mengetahui hambatan dan permasalahan dalam penerapan PUG serta mendapatkan masukan untuk pelaksanaan PUG selanjutnya.

Bertindak sebagai Narasumber DR. Rut Umbase dari akademisi UNIMA.

Hadir dalam kegiatan ini, para gugus tugas Kota Layak Anak kota Tomohon, Pokja Pengarusatamaan Gender, para kepala perangkat daerah, Camat dan lurah, Forum Anak Daerah serta seluruh peserta. (Oma)

Related posts

Leave a Comment