oleh

Pemilih PraGib di Kota Tomohon, Lebih Percaya PDI Perjuangan Pegang Palu DPRD

Tomohon-Pertarungan politik pada pesta demokrasi Pemilu 2024 sudah tuntas, khususnya di Kota Tomohon setelah KPU Kota Tomohon menyelesaikan Rapat Pleno Hasil Pemilu Tahun 2024.

Terkait hal tersebut, beberapa tokoh dan pengamat politik di Kota Tomohon menilai hasil legislatif untuk DPRD Kota Tomohon yang dimenangkan PDI Perjuangan, merupakan sebuah sumbangsih positif atas kepercayaan masyarakat yang pada Pemilu Legislatif Tahun 2019 masih berpijak di Partai Golkar maupun Partai Demokrat.

“Buktinya, pada Pemilu Tahun 2019 Partai Golkar meraih 10 kursi dan Partai Demokrat 1 kursi, hingga menjadi sebuah kekuatan besar yang mempengaruhi kebijakan di DPRD Kota Tomohon. Tapi, Pemilu 2024 telah membuktikan jika mayoritas dukungan tersebut, telah berpaling dan lebih mempercayai PDI Perjuangan dalam menentukan keputusan politik di DPRD Kota Tomohon dengan 15 kursi,” ujar Pengamat Politik Stevy Tampi.

Dijelaskannya, beralihnya dukungan bagi PDI Perjuangan merupakan sebuah bukti nyata atas kepercayaan rakyat pada partai yang dipimpin Caroll Joram Azarias Senduk SH, bersama para calon legislatif, pengurus maupun kader partai.

“Walaupun secara politik, mayoritas masyarakat di Kota Tomohon dalam pemilihan presiden Pemilu 2024 sangat mengidolakan sosok Prabowo Subianto, akan tetapi dukungan secara khusus bagi PDI Perjuangan di Kota Tomohon sangat tinggi, dengan meninggalkan partai politik yang selama ini mereka dukung. Buktinya, dari 4 kursi Pemilu 2019, kini bisa meraih 15 kursi dengan pencapaian 37.982 suara dari jumlah pemilih 68.265 surat surat suara sah,” ujar Tampi. (*)