oleh

Pasca Pemilu Serentak 2024, Kapolres Imam Pantau Langsung Pergeseran Kotak Suara Ke PPK

Morut -Dua hari pasca pemungutan suara Pemilu Serentak, Rabu 14 Pebruari 2024, di seluruh wilayah Kabupaten Morowali Utara (Morut).

Kapolres Morut, AKBP Imam Wijayanto, SIK MH, meninjau langsung proses pergeseran kotak suara dari TPS ke PPK, untuk memastikan proses pengamanan dan pengawalan berjalan dengan baik, Jumat (16/02/2024).

Didampingi Kasat Lantas Pokres Morut, AKP Arta Dwi Kusuma, STK SIK MH, Kapolres Imam, menegaskan, Polri siap mengamankan dan mengawal kotak suara dari TPS ke PPK, kemudian secara berjejang dari PPK menuju KPUD Morut nantinya.

“Sebagai bentuk komitmen Polri dalam menyukseskan Pemilu Serentak 2024, Polres Morut siap mengamankan, serta mengawal setiap pergeseran kotak suara, mulai dari TPS ke PPK, yang sampai saat ini masih sementara berlangsung, termasuk dari PPK menuju KPUD Morut nantinya, ” tegasnya.

“Kami sudah berkordinasi dengan seluruh penyelenggara Pemilu, TNI dan Linmas dalam mengamankan dan mengawal setiap pergeseran kotak suara, ” ungkap Kapolres Imam.

Diketahui, pergeseran kotak suara ini, dilakukan setelah pemungutan suara usai, dan merupakan tahapan penting dalam penghitungan dan pelaporan hasil suara ke tingkat Kecamatan.

Proses pengawalan dilakukan dengan ketat dan profesional, oleh Personil Polres Morut, TNI, serta Linmas guna memastikan kotak suara tetap terjaga keutuhannya, dan tidak terjadi gangguan keamanan selama pergeseran kotak berjalan.

Sebanyak 443 TPS yang ada di wilayah Kabupaten Morut, sudah 407 TPS yang surat suaranya telah sampai di PPK. Sementara itu, ada sekitar 34 TPS surat suaranya masih di PPS.

1 TPS saat ini baru melaksanakan pemungutan suara akibat keterlambatan tibanya surat suara, karena kondisi jalur yang sulit dilewati dan cuaca ekstrim di TPS Dusun Watu Bamba Desa Taronggo Kecamatan Bungku Utara, termasuk 1 di TPS 6 DesaTompira Kecamatan Petasia Timur. (*)