oleh

Panglima TNI : TNI Mampu Menjawab Amanah Rakyat

-Manado-330 Dilihat

Manado-TNI telah mampu menjawab amanah rakyat dengan menunaikan perannya sebagai benteng terdepan pertahanan negara, kekuatan pelindung rakyat, perisai penjaga NKRI, Pancasila, dan UUD 1945. Disinilah, TNI mampu memberikan rasa aman dan nyaman.

Demikian penyampaian Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., dalam sambutannya yang dibacakan Danlanud Sam Ratulangi Marsma TNI Muhammad Mujib, S.E., M.M., saat Upacara Bendera 17-an di Lapangan Apel Lanud Sam Ratulangi, Manado, Sulawesi Utara. Selasa (17/10/2023).

TNI telah menunjukan komitmen yang tidak tergoyahkan, lanjutnya, dengan menjaga kestabilan dan keamanan negara, serta melindungi kepentingan juga kesejahteraan rakyat. Hal ini terbukti dari keberhasilan pengamanan KTT Asean di Labuan Bajo, KTT AIS Forum 2023 di Bali dan keterlibatan dalam latihan Asean Solidarity Exercise.

“Prestasi ini merupakan bukti dari dedikasi, pengabdian tinggi, dan warisan berharga untuk masa depan TNI. Hal ini pun menjadikan TNI sebagai salah satu institusi negara yang paling dipercaya masyarakat,” jelasnya.

Selanjutnya menghadapi Pemilu tahun 2024, Panglima TNI menekankan ketertiban, kelancaran, dan kesuksesan dalam penyelenggaraan pesta demokrasi sangat vital, yang mengharuskan prajurit TNI harus peka dan adaptif terhadap perkembangan situasi yang terjadi.

“Netralitas TNI adalah sebuah komitmen yang jelas dan tidak bisa ditawar-tawar,” tegasnya, seraya menekankan TNI memegang peranan penting dalam menjaga stabilitas politik dan keamanan nasional.

Sebagai salah satu pilar utama pertahanan negara, lanjutnya, TNI memiliki tanggung jawab besar dalam menjamin tahapan Pemilu 2024 dapat berjalan dengan damai dan sejuk. (*/Mal)