HUT Kota Bitung Ke 31, Maurits-Hengky Beri Apresiasi Pemimpin Terdahulu

Bitung – Upacara bendera dan rapat paripurna DPRD Kota Bitung, menjadi bagian dari tak terpisahkan, dari perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 31 Kota Bitung tahun 2021, Senin (11/10/2021).

Edisi perayaan HUT kota Bitung ke 31 tahun ini, menjadi yang pertama di pemerintahan Wali Kota Bitung Maurits Mantiri dan  Wakil Wali Kota Bitung Hengky Honandar.

Menariknya dalam upacara bendera, yang berlangsung di lapangan upacara kantor Wali Kota Bitung dan rapat paripurna DPRD Bitung di ruang sidang DPRD.

Para tamu undangan pimpinan perangkat daerah, pimpinan dan anggota DPRD Kota Bitung, Wali Kota, Wakil Wali Kota, Sekda kota Bitung dan Forkopimda bersama istri memakai pakaian adat.

Maurits Mantiri-Hengky Honandar duet pimpinan kota Bitung, kompak pakai pakaian daerah kota Bitung warna merah, dengan motif ikan cakalang lengkap dengan topi warna hitam strip warna gold dan celana hitam.

Begitu juga dengan ketua TP PKK Bitung Ny Rita Mantiri Tangkudung dan sekretaris I TP PKK Bitung Ny Ellen Honandar Sondakh, kompak pakai pakaian daerah kota Bitung warna merah dengan motif ikan, rumput laut dan selendang warna gold.

Jalannya rapat paripurna DPRD Bitung dalam rangka HUT Kota Bitung ke 31 tahun 2021 di pimpin Ketua DPRD Kota Bitung Aldo N Ratungalo dari fraksi PDI Perjuangan, didampingi Wakil Ketua Keegen Kojoh dari fraksi Nasdem dan Superman Boy Gumolung dari fraksi PKP Indonesia.

Sejumlah sosok yang pernah menjadi Wali Kota dan Penjabat sementara (Pjs) Wali Kota Bitung, oleh Ketua DPRD Bitung Aldo Ratungalo dan Wali kota Bitung Maurits Mantiri disebut namanya dan diminta berdiri untuk diperlihatkan kepada seluruh peserta rapat paripurna.

Mereka adalah Wali kota Bitung periode 2016 – 2021 berpasangan dengan Wakil wali Kota Maurits Mantiri yang saat ini Wali kota Bitung.

Kemudian Jhon Palandung Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Sitaro yang pernah menjabat Pjs Wali kota Bitung tahun 2016 dan Edison Humiang mantan asissten I setda provinsi Sulut juga Pjs Wali kota Bitung tahun 2020.

Turut disapa, anggota DPRD Provinsi Sulut dari daerah pemilihan Minut Bitung ada Fabian Kaloh dari fraksi PDI Perjuangan, Nick Lomban ketua fraksi Nasdem dan Jhonny Panambunan anggota fraksi Nasdem.

Cindy Wurangian fraksi Golkar juga ketua DPD II Partai Golkar Bitung dan Melky Pangemanan dari fraksi PDI Perjuangan juga ketua DPW PSI Sulut.

Kemudian sejumlah ketua-ketua partai politik di Bitung dan pimpinan Badan usaha milik negara (BUMN) di Bitung.

Dan tamu dari luar kota Bitung Ketua DPRD Kabupaten Kepulauan Talaud Jakop Mangole dan Wakil ketua DPRD Kabupaten Kepulauan Taluad Jakmon Amisi.

Pada kesempatan ini pemerintah kota Bitung menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya, kepada para pendahulu yang pernah memimpin kota Bitung.

Mulai dari almarhum bapak WA Worang, almarhum KL Senduk, kemudian bapak SH Sarundajang, lalu bapak Milton Kansil dan Cornelis Supit.

Kemudian Max Lumintang, Hanny Sondakh dan Robert Lahindo, Maximilian Jonas Lomban dan Maurits Mantiri hingga Maurits Mantiri dan Hengky Honandar saat ini.

Menurut Maurits Mantiri nama almarhum WA Worang sudah kami dedikasikan namanya di Gedung olahraga (GOR) yang ada di kompleks stadion Duasudara Manembo-nembo.

Almarhum KL Senduk sedang cari lokasi dan tempat yang tepat, kemudian SH Sarundajang sudah diakomidir di ruang balai pertemuan umum kantor walikota Bitung.

“Lalu bapak Milton Kansil dan Cornelis Supit juga dicarikan tempat yang tepat untuk abadikan nama kedua pemimpin ini.”

“Kami Maurits Mantiri-Hengky Honandar bersama tim yang dipimpin sekda Kota Bitung DR Audy Pangemanan sementara mencari dan upayakan cari lokasi yang tepat, untuk perhargaan kepada mereka  yang berjasa pimpin kota Bitung di eranya,” kata Maurits Mantiri.

Puncak dari rapat paripurna DPRD Bitung dalam rangka HUT Kota BItung ke 31, berlangsung pemasangan lilin diatas kue ulang tahun oleh Wali kota Maurits Mantiri, Wawali Hengky Honandar, ketua TP PKK Rita Mantiri Tangkudung, sekretaris I TP PKK Bitung Ellen Honandar Sondakh.

Gubernur Sulut Olly Dondokambey yang diwakili Kepala Dinas Kominfo  Provinsi Sulut Christian Talumepa, Ketua DPRD Bitung Aldo Ratungalo, wakil ketua Keegen Kojoh dan Superman Boy Gumolung, sekda Audy Pangemanan.

Yang paling bernilai lanjut Maurits, semenjak diikhtiarkannya Kota Bitung 31 tahun silam adalah, pembangunan ini senantiasa dihajatkan untuk sebesar-besarnya kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat Kota Bitung.

Dan kedepannya, kata Maurits, tantangan global menanti. Dalam menatap tantangan global itu, pijakan harus bagaimana berpikir global, berpikir kedepan, terbuka dan luas, berpandangan dunia, namun tetap berbasis lokalitas, beraksi lokal, bertindak lokal “be open minded and out of the box, think forward, think globally, act localy”.

“Karena, dengan cara itulah kita dapat menemukan landasan untuk menjadi pemenang di abad globalisasi dan modernisasi ini,” kata Maurits.

Dirinya juga menyampaikan, disamping berbagai kemajuan dan prestasi yang telah diraih oleh Kota Bitung, ada beberapa isu strategis yang dicita-citakan, yang hanya akan terealisasi bila adanya sinergitas antara pemerintah, para pemangku kepentingan dan yang terpenting adalah dukungan dari seluruh lapisan masyarakat Kota Bitung.

Maurits menyampaikan apresiasi dan rasa terima kasih yang setinggi-tingginya atas sinergi dan kolaborasi yang telah terjalin antara DPRD dengan jajaran pemerintah daerah dalam pelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan sosial kemasyarakatan.

Sehingga dengan adanya saling keterkaitan tersebut akan menjalankan roda pemerintahan yang berkualitas, pemerintahan yang benar-benar hadir untuk menjamin kepastian, keadilan dan tidak adanya diskriminasi dalam pelayanan kepada masyarakat.

“Apresiasi dan rasa terima kasih yang setinggi-tingginya pula kami sampaikan kepada para pendahulu yang pernah memimpin Kota Bitung, para pemuka agama, para tokoh masyarakat dan seluruh lapisan masyarakat yang telah mewarnai perubahan Kota Bitung. kiranya sumbangsih tersebut menjadi tanda mata generasi lalu dan generasi sekarang, bagi generasi yang akan datang,” kata Maurits.

Kota Bitung adalah salah satu kota di provinsi Sulawesi Utara.

Jarak dari Manado ke Manado Ibu kota Provinsi Sulut yakni 42,4 kilometer lewat Jalan Tol Manado – Bitung, atau sekitar 50 menit ditempuh dengan kendaraan roda empat.

Kota ini memiliki perkembangan yang cepat karena terdapat pelabuhan laut yang mendorong percepatan pembangunan.

Wilayah Kota Bitung terdiri dari wilayah daratan yang berada di kaki Gunung Dua Sudara dan sebuah pulau yang bernama Lembeh.

Kota Bitung terdiri dari 8 kecamatan dan 69 kelurahan, dengan luas wilayah 302,89 km² dan sebaran penduduk 730 jiwa/km².

Saat ini Kota Bitung dipimpin Wali Kota Maurits Mantiri dan Wakil Wali Kota Hengky Honandar.   (***/Advetorial Diskominfo Bitung)

Related posts