dr Devi : Menteri PPPA Akan Launching Tabungan Bohusami Perempuan Hebat Sulut

Sulut – Pada awal bulan Oktober mendatang sesuai jadwal, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) RI  Ibu Bintang Puspayoga, akan melakukan kunjungan kerja ke daerah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Daerah Provinsi Sulawesi Utara dr. Kartika Devi Tanos, MARS, kepada awak media, Selasa (28/9/2021) usai menggelar rapat bersama Pejabat Esselon III dan IV lingkup DP3AD Provinsi dan Perwakilan dari Bank SulutGo.

Ada beberapa agenda kegiatan yang akan dilaksanakan saat Ibu Mentri ada di Sulawesi Utara salah satunya Launching tabungan perempuan dengan nama Bohusami Perempuan Hebat, sebagai bentuk kerjasama Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Daerah Provinsi Sulawesi Utara dengan Bank SulutGo yang akan dituangkan dalam penandatangan MOU para pihak. Pemberian bantuan UMKM modal usaha bagi perempuan sebesar 10 juta tanpa agunan.

Sementara itu dr.Devi mengapresiakan pada pihak Bank Sulut untuk respon baik dan cepat mendukung Program kerja DP3AD bagi perempuan yang benar benar layak untuk dibantu.

“Semoga Lauching Program tabungan perempuan segera terealisasinya karena Produk tabungan perempuan adalah pertama untuk bank Pemerintah Daerah. Kategori perempuan yang akan menerima modal usaha baiknya sudah dilatih terlebih dahulu, sudah memiliki ketrampilan / keahlian barulah menerima bantuan,” Ujar dr Devi.

Dikatakan dr Devi, data penerima bantuan akan bekerjasama dengan UPTD Balai Latihan Kerja (BLK) Kota Bitung, adapun jenis jenis pelatihan antara lain Latihan Menjahit, Penata Rambut dan Pembuatan Roti/kue.

“Ibu Menteri juga akan berkunjung ke Kota Tomohon dalam rangka Launching baju batik hasil kerajinan Perempuan dan Anak di Lapas Tomohon kemudian Launching Penyerahan Buku Profil Gender dan Anak tahun 2021, yang telah selesai disusun oleh Tim Penyusun dari BPS Provinsi dan Dinas P3A Prov. Selanjutnya kunjungan kerja ke Kabupaten Mitra, Ibu Menteri akan menyerahkan bantuan spesifik bagi Peremuan dan Anak Korban bencana.”Jelas dr Devi.

Perlu diketahui, lauching Tabungan Bohusami perempuan hebat oleh Menteri PPPA RI nantinya akan mengundang 15 Kab/Kota se Sulut dengan menerapkan protokol kesehatan (Prokes) covid 19 sesuai anjuran dari pemerintah pusat. (*/JM)

Related posts