oleh

Libatkan Personel Lanud Sam Ratulangi, 40 CPNS Kemenkeu Laksanakan Orientasi Pembentukan Karakter

-Manado-468 Dilihat

Manado-Sebanyak 40 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kementerian Keuangan melaksanakan orientasi pembentukan karakter yang dibuka Kepala Balai Pendidikan dan Pelatihan (Ka Badiklat) Keuangan Manado Bapak Cucu Pujasetia di Lapangan Dirgantara Lanud Sam Ratulangi, Manado, Sulawesi Utara. Kamis (3/8/2023).

Melibatkan personel Lanud Sam Ratulangi, para CPNS Kemenkeu akan melaksanakan orientasi pembentukan karakter selama seminggu dengan berbagai materi mengenai kedisiplinan, bela negara, Peraturan Baris Berbaris (PBB), jiwa korsa, dan pengenalan lingkungan yang berkolaborasi dengan staf Badiklat Keuangan Manado.

Saat membuka orientasi, Kabadiklat Keuangan Manado mengatakan membentuk karakter seorang pemimpin itu sangatlah penting, karena baik tidaknya suatu organisasi ditentukan dari karakter pemimpin.

“Kalian adalah calon pemimpin masa depan yang suatu saat akan menerima tongkat estafet kepemimpinan dan pemimpin yang berhasil akan melalui berbagai tantangan serta hambatan dalam membentuk karakter yang unggul,” ujarnya.

Disinilah, lanjutnya, para CPNS Kemenkeu di bawah bimbingan personel Lanud Sam Ratulangi dan Badiklat Keuangan Manado akan diberikan pembekalan pembentukan karakter sebagai bekal sebagai pemimpin masa depan.

“Terima kasih atas kesediaan Danlanud Sam Ratulangi beserta jajaran yang telah mendukung kegiatan orientasi ini, kami titipkan para peserta untuk dibina, dibimbing, dan dibentuk agar memiliki sikap serta mental yang baik,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, Danlanud Sam Ratulangi Marsma TNI Muhammad Mujib, S.E., M.M., yang diwakili Kadisops Lanud Sam Ratulangi Letkol Pas Togap M. Siburian mengatakan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan kepada Lanud Sam Ratulangi untuk berpartisipasi dalam membentuk karakter CPNS Kemenkeu.

“Orientasi bukanlah sekedar pelatihan atau pengenalan, tetapi esensinya membekali para peserta dengan nilai-nilai luhur,dan karakter yang kuat sebagai abdi negara,” tegasnya seraya menekankan orientasi sebagai pondasi dalam membentuk karakter yang unggul, berkualitas, dan bertanggung jawab.

Selanjutnya, Kadisops Lanud Sam Ratulangi mengajak seluruh peserta menjadikan kegiatan orientasi sebagai media untuk berbagi pengalaman, saling belajar, membangun networking sehingga memiliki integritas yang tinggi dalam menjalankan tugas ke depan.

“Kalian harus berkomitmen untuk menunjukan tekad dan semangat selama orientasi berlangsung, karena tahapan ini sangatlah penting untuk membangun dasar yang kuat dalam mendukung pembangunan bangsa,” tegasnya. (*/Mal)