oleh

Asisten 1 Pemkab Sangihe Bersama Kalapas Kelas IIB Tahuna Serahkan Ijazah WBP

Tahuna-Penjabat Bupati Kabupaten Kepulauan Sangihe, dr. Rinny Tamuntuan melalui Asisten I Setda, bersama Kepala Lapas Kelas IIB Tahuna, Suharno SH MH secara simbolis menyerahkan Ijazah Pendidikan Kesetaraan Non Formal Paket A, B dan C, kepada perwakilan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Selasa (15/8/23).

Kepala Lapas Kelas IIB Tahuna, Suharno SH MH mengungkapkan bahwa berdasarkan Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2022 tentang Pemasyarakatan, Narapidana berhak mendapatkan pendidikan dan pengajaran, sehinggah Lapas Kelas IIB Tahuna melaksanakan program inovasi unggulan dengan menyelenggarakan pendidikan kesetaraan dan menjalin kerja sama dengan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (Pioner) ” ungkap Suharno.

“Diharapkan dengan adanya layanan pendidikan berantas buta huruf dan pendidikan kesetaraan kejar Paket A, B dan C ini, dapat tercapai tujuan dari Lapas Kelas IIB Tahuna untuk membentuk warga binaan menjadi manusia seutuhnya, menyadari kesalahan, memperbaiki diri dan tidak mengulangi perbuatan yang melanggar hukum sehingga ketika kembali ke lingkungan masyarakat, dapat berperan aktif dalam pembangunan sebagai warga negara yang baik dan bertanggung jawab,” tutur Suharno.

Suharno mengatakan 41 orang WBP penerima ijazah tersebut terdiri dari 15 orang WBP mengikuti Kejar Paket A (SD), 12 orang WBP mengikuti Kejar Paket B (SMP) dan 14 orang WBP mengikuti Kejar Paket C (SMA).

“Saya selaku kepala Lapas Kelas IIB Tahuna mengucapkan banyak terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sangihe, dan jajaran baik Dinas Dukcapil bersama Dinas Pendidikan dan Kebudayaan yang telah mendukung Lapas Tahuna sehingga penyelenggaraan pendidikan bagi warga binaan bisa sukses, serta apresiasai yang sebesar-besarnya kepada Ketua PKBM Pioner Sangihe beserta para guru dan tenaga tutor yang telah memberi diri untuk mengabdi kepada bangsa dan negara guna mencerdaskan anak bangsa, khususnya warga binaan,” tutup Suharno.

Pj. Bupati Kabupaten Kepulauan Sangihe dalam sambutannya yang dibacakan oleh Asisten I Setda, Johanis Pilat, memberikan apresiasi serta penghargaan yang tinggi atas pelaksanaan kegiatan ini. “Saya melihat kegiatan ini sungguh sangat baik yang sudah dilakukan untuk peningkatan pembinaan kepribadian WBP,” ujar Pj. Bupati Sangihe.

“Saya juga menyampaikan apresiasi terhadap kinerja dari Lapas Kelas IIB Tahuna, dimana selama ini telah sangat berperan dalam melaksanakan pembinaan Pemasyarakatan terhadap para Narapidana atau Anak Didik sebagaimana tugas dan fungsi yang diatur dalam Undang-Undang, termasuk didalamnya bersinergi bersama Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Sangihe dalam upaya membangun daerah Kabupaten Kepulauan Sangihe,” pungkasnya.

Tiurut hadir pada acara penyerahan ijazah , yang dilaksanakan di aula Lapas kelas IIB Tahuna, Forkopimda , Direktur Politeknik, kepala Kantor Agama, Kepala Dinas Pendidikan dan kebudayaan, orang tua WBP. (Yoss)