Danrem 132/Tadulako Tutup Secara Resmi TMMD Ke 106 Tahun 2019 di Kecamatan Tinombo Kabupaten Parigi

Manado – Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) adalah merupakan salah satu program yang membantu pemerintah daerah dengan berperan aktif dalam melaksanakan program-program pembangunan yang ditujukan untuk kesejahteraan rakyat dalam rangka memperkuat ketahanan wilayah dalam prinsip Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), oleh karena itu Pemerintah mendukung pelaksanaan Program TMMD ini, karena pelaksanaan program ini akan memberikan kontribusi yang bermakna bagi peningkatan Keberdayaan masyarakat dan percepatan pembangunan.

TMMD ke-106 tahun 2019 di Kabupaten Parigi kali ini dipusatkan di Kecamatan Tinombo yang memiliki 3 Desa dan yang menjadi sasaran TMMD yaitu Desa Lombok, Desa Patingke dan Desa Ogoalas.

Danrem 132/Tadulako Kolonel Inf Agus Sasmita bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) dalam kegiatan Penutupan TMMD ke-106 tahun 2019 di Kabupaten Parigi.

Dalam amanat tertulis Pangdam XIII/Merdeka yang dibacakan oleh Danrem 132/Tadulako mengatakan ” TMMD kali ini mengusung tema ” Melalui TMMD kita wujudkan percepatan pembangunan untuk kesejahteraan rakyat”, tema ini sejalan dengan visi pemerintah yakni membangun Indonesia dari pinggiran, karena TMMD fokus pada daerah-daerah terpencil yang relatif kurang tersentuh pembangunan, menurut UU RI Nomor 34 tahun 2004 telah mengamankan kepada TNI untuk melaksanakan tugas Operasi Militer Selain Perang (OMSP) dengan membantu tugas pemerintah di daerah, khususnya dalam hal pembangunan, oleh karena itu, Kapanpun TNI dibutuhkan, kami akan selalu siap sedia membantu, Bagaimanapun juga TNI lahir dari rakyat, sehingga keberadaannya pun harus bermanfaat bagi rakyat dan akan selalu manunggal dengan rakyat. Disetiap kegiatan TMMD, kita dapat menyaksikan semangat kebersamaan serta gotong-royong yang terpancar di setiap wajah sekaligus cucuran keringat prajurit TNI dan masyarakat serta aparat terkait yang bekerja di lapangan. Ini adalah refleksi kekuatan yang sangat besar dari segenap komponen bangsa untuk membangun Indonesia, Semangat kebersamaan seperti inilah yang menjadi hakikat Kemanunggalan TNI-Rakyat, guna menggerakkan seluruh potensi wilayah untuk mewujudkan kekuatan pertahanan nasional yang kokoh.”

” Khususnya masyarakat di Wilayah Kecamatan Tinombo untuk menjaga dan memelihara hasil pembangunan ini, karena hasil yang diperoleh akan sangat bermanfaat untuk peningkatan kesejahteraan dan pengentasan kemiskinan”. Tambahnya tegas.

Di akhir amanat Pangdam XIII/Merdeka yang dibacakan Danrem 132/Tdl beliau menyampaikan ” Selaku Penanggung Jawab Keberhasilan Operasi TMMD di wilayah Kodam XIII/Merdeka, saya ucapkan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya atas hasil yang telah dicapai oleh Satgas TMMD beserta seluruh warga masyarakat Kabupaten Parigi-Moutong, Apabila selama pelaksanaan TMMD ini terdapat perbuatan dan tutur kata maupun tingkah laku para Prajurit saya yang kurang tepat ataupun tidak berkenan di hati bapak-bapak dan ibu-ibu sekalian, saya mohon maaf yang sebesar-besarnya”. Singkatnya.

TMMD ke-106 di Kabupaten Parigi Tahun 2019 berhasil melaksanakan Pembuatan Jalan Desa yang sepanjang 5 Km, Pembuatan Gedung Kantor Tiga Pilar dan Pembuatan 28 Unit Jambanisasi. Bantuan-bantuan lain yang diberikan selama TMMD dilaksanakan yaitu pemberian bahan pembelajaran berupa buku dan alat tis kepada anak-anak di tiga desa tersebut yang sekolah.

“Yang menghambat kegiatan ini menurut Dandim 1306/Donggala Kolonel Inf Widya Prasetyo diantaranya Kondisi Cuaca pada pelaksanaan TMMD ini bertepatan dengan musim hujan menyebabkan penyelesaian sasaran tidak maksimal, tanah menjadi becek dan labil sehingga material batu dibeberapa tempat menjadi amblas dan jalur jalan yang begitu terjal serta berkelok-kelok.” Ujarnya.

Dalam upacara penutupan ini juga diagendakan Penandatanganan Berita Acara Serah Terima hasil TMMD dari Dandim 1306/Donggala Kolonel Inf Widya Prasetyo kepada Bupati Parigi yang diwakili oleh Wakil Bupati Parigi Badrum Ngai. Dipenutup Upacara ini diserahkan Piagam Penghargaan Bupati Parigi yang diserahkan kepada Satgas TMMD Ke-106 atas peran sertanya dalam Pembangunan Kabupaten Parigi melalui Kegiatan ini.

Selain itu juga diserahkan Piagam Penghargaan Bupati Pandeglang kepada perwakilan 3 Warga Desa atas perannya dalam kegiatan gotong royong membantu secara sukarela dalam pelaksanaan TMMD ke-106 tahun 2019.

Diakhir acara Danrem 132/Tdl, Bupati Parigi yang diwakili eleh Wakil Bupati Parigi, Aster Kodam XIII/Merdeka, Forkopimda Kab. Parigi beserta Rombongan dan Tamu undangan lainnya beberkesempatan meninjau lokasi sasaran-sasaran TMMD yang berdekatan dengan lokasi Upacara Penutupan. (*/Shita_P)

Related posts

Leave a Comment