oleh

Kodim 1309 Manado Fokus Bersihkan Lokasi TMMD Ke 117 di Bengkol

-Berita, Minut-328 Dilihat

Manado-Pra TMMD ke-117 Kodim 1309 Manado telah memasuki hari ke-7 dengan fokus pada perintisan jalan di kampung Lahendong, Kelurahan Bengkol, Kecamatan Mapanget, Kota Manado, Sulawesi Utara. Sabtu, (08/07/2023).

Sasaran utama pra TMMD ini adalah perintisan dan pelebaran jalan sepanjang 800 meter dengan lebar 4 meter, rehabilitasi 1 rumah tidak layak huni (RTLH), serta renovasi 2 rumah ibadah berupa Masjid dan Gereja. Pada hari ke-7 Pra TMMD ini, diharapkan semua pekerjaan dapat diselesaikan 100 persen pada saat penutupan.

Selama bertahun-tahun, warga kampung Lahendong hidup tanpa akses jalan keluar yang terhubung dengan jalan raya. Mereka hanya mengandalkan jalan setapak yang hanya bisa dilalui dengan berjalan kaki, atau menggunakan sepeda motor dengan melewati hutan dan kebun warga. Selain itu, saat musim hujan tiba, jalan setapak ini menjadi becek dan sulit dilewati.

Komandan Kodim 1309/Manado, Letkol Inf Himawan Teddy Laksono, S.I.Kom., M.Tr (Han), selaku Dansatgas TMMD Ke-117, menjelaskan bahwa kegiatan ini diharapkan memberikan manfaat bagi seluruh warga masyarakat, sehingga perencanaan kedepan dapat disempurnakan.

Hal ini akan memastikan bahwa program-program yang akan dilaksanakan tepat sasaran dan bermanfaat bagi masyarakat, terutama kampung Lahendong.

Pra TMMD dilaksanakan untuk memaksimalkan pengerjaan sasaran fisik sebelum Pelaksanaan TMMD pada tanggal 12 Juli mendatang.

Masyarakat kampung Lahendong Kelurahan Bengkol menyambut gembira kehadiran TNI yang bekerja untuk merintis jalan, dengan melakukan gotong royong untuk melebarkan jalan agar kendaraan dapat keluar dan masuk dengan lancar.

“Memasuki hari ke 7 dilaksanakan Pra TMMD cuaca sangat mendukung meskipun minggu ini turun hujan rintik-rintik tidak menyurutkan semangat dari TNI dan masyarakat bahu membahu bergotong royong sehingga berjalan dengan baik,” ucap Dandim Manado.

Kegiatan Pra TMMD ini tidak akan berhasil tanpa dukungan semua pihak yang bekerja sama untuk mewujudkannya.

“Mohon doa restunya dari semua pihak semoga TMMD ini berjalan sesuai dengan apa yang diinginkan, kendaraan roda 2 dan 4 sehingga bisa masuk di kampung Lahendong, Kel. Bengkol, guna mendukung perekonomian warga.” pungkas Dansatgas TMMD ke-117.

Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) yang dijalankan Kodim 1309/Manado di Kelurahan Bengkol mendapat tanggapan positif bahkan apresiasi dari masyarakat setempat  atas kebijakan yang diambil Kodim 1309/Manado melalui program TMMD ini.

“Rasa hormat dan apresiasi saya pada Kodim 1309/Manado yang saat ini melaksanakan program TMMD,” kata Taher Sangkilang Warga Kampung Lahendong. (T3)