oleh

HUT Bhayangkara ke-77,Polres Minahasa Nobar Pagelaran Wayang Kulit Dengan Lakon Wahyu Cakraningrat

Minahasa-Dalam rangka memeriahkan HUT Bhayangkara ke 77, Polres Minahasa ikut nonton bersama (nobar) Pagelaran Wayang Kulit, di ruang lobby Polres Minahasa, Jumat (07/07/2023).

Kegiatan Pagelaran Wayang Kulit yang di lakoni “Wahyu Cakraningrat” ini, di hadiri Kapolres Minahasa  AKBP Ketut Suryana, SIK,SH,MM, Dandim 1302 Minahasa Letkol Inf. Muktabir, Kajari Minahasa, Diky Oktavia,SH,MH dan Wakapolres Minahasa Kompol Yindar T. Sapangallo, S.Sos.

Kapolres Minahasa  AKBP Ketut Suryana, SIK,SH,MM, mengatakan giat nonton bareng streaming wayang kulit ini dalam  rangkaian giat peringatan Hari Bhayangkara ke 77 tahun 2023.

“Nobar ini dilakukan secara serentak dilakukan jajaran Polri di nusantara. Ini juga menjadi ajang menjalin silaturahmi dengan aparatur pemerintahan, tokoh agama, tokoh masyarakat dan warga sekitar,”ujar Kapolres.

Kegiatan diawali dengan wawancara Brigjen Pol. Anwar,SIK, M.Si selaku Ketua Panitia rangkaian kegiatan HUT Bhayangkara ke-77 tahun 2023, yang menyampaikan Pelaksanaan kegiatan merupakan bagian dari rangkaian peringatan hari Bhayangkara ke 77 tahun 2023.

“Pagelaran Wayang Kulit saat ini merupakan inisiatif  Kapolri yang didukung oleh Panglima TNI,Pelaksanaan kegiatan berlokasi di lapangan Bhayangkara Jakarta. Semoga pagelaran wayang saat ini berkenan bagi warga.” Ujarnya.

Pagelaran wayang kulit dengan judul Wahyu Cakraningrat ini dalam rangka Hari Bhayangkara ke 77 Tahun 2023 mengisahkan tentang upaya tiga orang satria yaitu, Raden Lesmono Mandrakumara,Raden Sombo Putra dan Raden Abimanyu, berebut untuk mendapatkan kekuasaan.

Lakon Wahyu Cakraningrat adalah wahyu ratu atau raja Cakra adalah berputar Ningrat adalah dunia, Sehingga dapat diartikan disini perubahan kehidupan menggambarkan banyak masalah di negara disebabkan krisis tatanan atau sistem. Maka, barang siapa yang bisa mendapatkan wahyu tersebut maka akan ada pemimpin yang amanah dan menjalankan perubahan.

Adapun pelaksanaan kegiatan nonton bersama, juga dilakukan oleh Polsek Jajaran Polres Minahasa melalui live streaming dengan mengikut sertakan unsur Forkopimda.

Turut hadir  Kadis Pariwisata dan Kebudayaan Kab. Minahasa,Drs. Dolfie Kuron,MBA, serta Tokoh Masyarakat Hendro Manongko. (Ronny)