oleh

Kirab Pemilu 2024 Tiba di Morut, Musda Ajak Parpol Kerjasama Wujudkan Pesta Demokrasi Damai

Morut-Kirab Pemilu atau iring-iringan dengan membawa bendera Partai Politik (Parpol) dalam rangka Sosialisasi Pendidikan Pemilih serta Peningkatan Partisipasi Masyarakat dalam Pemilu dan Pilkada telah tiba di Kabupaten Morowali Utara (Morut).

Kirab Pemilu Tahun 2024, mengusung tema ‘Pemilu Sebagai Sarana Integrasi Bangsa ‘ ini tiba dari Morowali diterima langsung oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Morut, Ir Musda Guntur MM, di Pelataran Kantor Bupati Morut, Senin (17/07/2023).

Kirab Pemilu ini dilepas di VII Jalur yang ada di wilayah Republik Indonesia, sejak 14 Februari 2023 lalu.

Kabupaten Morut mendapatkan kesempatan dilalui oleh Jalur VII yang dilepas dari Kota Jayapura Provinsi Papua dan melalui Provinsi Papua Selatan, Maluku, Sulawesi Tenggara dan saat ini telah masuk di Wilayah Sulteng.

Sekda Morut, Musda Guntur, mengucapkan selamat datang kepada Sekretaris KPU Morowali beserta rombongan yang baru saja tiba di Morut.

Pihaknya optimis KPU Morut, dapat melanjutkan tongkat estafet tugas yang diberikan dalam rangka mensukseskan Pemilu 2024 nantinya.

Berbagai kegiatan yang akan dilaksanakan seperti sosialisasi pendidikan pemilih serta peningkatan partisipasi masyarakat dalam Pemilu dan Pilkada diharapkan dapat memberikan pencerahan kepada seluruh masyarakat dan stakeholder di Morut, sehingga pelaksanaan Pemilu 2024 bisa berjalan aman, tentram, damai dan transparan.

“Harapan kami, pesan-pesan demokrasi Pemilu yang diamanahkan dalam Kirab Pemilu 2024 ini, bisa dilaksanakan dengan sebaik-baiknya”, ujarnya.

Ia juga mengajak seluruh Pimpinan Partai Politik ( Parpol) agar bisa bekerja sama baik dengan Pemda dan stakehoulder terkait, untuk berkomitmen mewujudkan pesta demokrasi yang aman, lancar, damai dan penuh kegembiraan di 2024 nantinya.

“Semoga seluruh proses tahapan Pemilu serentak bisa berjalan dengan aman, lancar dan damai sesuai dengan harapan kita bersama”, tandasnya.

Kegiatan tersebut, dilanjutkan dengan penyerahan Bendera Kirab Pemilu 2024, dari Sekretaris KPU Morowali kepada Sekretaris KPU Morut, foto bersama sekaligus penyerahan Souvenir Maskot Pemilu 2024, dan diakhiri dengan pelepasan Pawai Kirab berkeliling di dalam Kota Kolonodale.

Setelah Morut, Kirab Pemilu akan bertolak menuju Kabupaten Poso.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Wakapolres Morut, Kompol Alfian Joan Komaling SH MPd, Dandim 1311 Morowali diwakili Serda Darta, Kepala Kantor Kemenag Morut diwakil, Lalu Akroman MHI, Kacabjari Kolonodale, diwakili Sa’ban Hutagaol SH, Sekretaris KPU Morowali, Nirwana SE beserta anggota Kirab Morowali, Sekretaris KPU Morut, Nur Aini SH MKes, beserta anggota KPU Morut, sejumlah Pimpinan OPD, Pimpinan Parpol, Bawaslu Morut, tokoh Agama, tokoh masyarakat serta perwakilan pemilih pemula dari SMKN 1 Petasia dan SMAN 1 Petasia. (*/NAL)