oleh

Kecamatan Tahuna Timur Gelar Bimtek Peningkatan Kapasitas Satlinmas, Lawendatu Tegaskan, Anggota Satlinmas Harus Netral

Tahuna– Pemerintah Kecamatan Tahuna Timur laksanakan Bimbingan Teknis (BIMTEK) peningkatan kapasitas satuan perlindungan Masyarakat (SATLINMAS) Kelurahan sekecamatan Tahuna Timur. Selasa (14/11/23)

Camat Tahuna Timur Imelda Lawendatu SSTP dalam Sambutan saat membuka kegiatan menegaskan tentang pentingnya peran Satlinmas ditengah masyarakat dimana didalamnya ada penanggulangn bencana, menciptakan kondisi wilayah yang tertib dan aman dimaayarakat ,membntu kelancaran kegiatan kemasyarakatan , membantu pemilu Jurdil, damai berintegritas dan bermartabat serta membantu menjaga negara dari 0ihak yang merong-rong kedaulatan negara.

“Satlinmas Pada fungsinya adalah mendeteksi dan tangkal dini terkait kegiatan-kegiatan yang dapat menimbulkan kerawanan dan mengganggu ketertiban masyarakat sekaligus sebagai mitra dari TNI,POLRI ” Ungkap Lawendatu.

Menurut Ibu Camat Tahuna Timur, Bimtek yang dilaksanakan ini sangatlah penting apalagi wilayah kecamatannya telah melaksanakan penjagaan keamanan oleh Satlimnas di poskamling yang tersebar di kelurahan. ” Saat ini kami telah mengaktifkan penjagaan keamanan diwilayah kecamatan Tahuna timur dengan personil Satlinmas di 7 kelurahan ” ujar Lawendatu.

Lawendatu juga menegaskan terkait dengan keberadaan Satlinmas dalam menghadapi Pemilu haruslah netral. “Satlimas ini harus netral bukan dari pengurus Partai politik ataupun saksi dari pasangan calon . Jadi apabilah Anggota Satlinmas menjadi pengurus Parpol atau saksi paslon harus mengundurkan diri dari anggota Satlinmas ” Tegas Lawendatu

Babinsa Kelurahan Tapuang Serda Alvianus Loris Saat memberikan mataeri wawasan kebangsaan mengatakan tentang pentingnya menjaga persatuan dan kesatuan dalam menghadapi pelaksanan Pemilu 2024 mendatang. ” Nanti dalam menghadapi Pemilihan Umum 2024 mendatang biarpun kita berbeda-beda dalam pilihan tetapi tetap satu “ucap Loris.

Bimtek ini diikuti 70 peserta dari Berbagai kalangan masyarakat di kelurahan juga dihadiri Kepala Bidang Trantip Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Aryo Areba dan Kepala Bidang Kebakaran Daerah Adriana Mamaghe dan Mewakili Danramil Tahuna Serda Alvianus Loris juga Lurah sekecamatan Tahuna Timur.(Yoss)