oleh

Kapolres Minahasa Ikuti Zoom Meeting Penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan BPK RI

Minahasa-Kapolres Minahasa AKBP. Ketut Suryana, SI.K,bersama Waka Polres  Kompol. Yindar T. Sapangallo, S.Sos, melalui zoom meeting mengikuti Penyerahan LHP BPK RI Tahun 2022 kepada Kapolri, bertempat di ruangan Maesa Polres Minahasa. Jumat (14/07/2023).

Penyerahan LHP Tahun 2022 di serahkan langsung Ketua BPK RI Nyoman Adhi Suradnyana,SE,MEMAK,CSFA,CertDA, CGCAE,kepada Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si.

Dalam sambutannya Ketua BPK RI menyampaikan Pemeriksaan yang dilakukakan oleh BPK terdiri dari pemeriksaan kinerja, dan pemeriksaan laporan keuangan yang merupakan bagian dari tugas konstitusional.

“Standar pemeriksaan keuangan, Peraturan BPK nomor 1 tahun 2017 tentang Standar pemeriksaan keuangan negara (SPKN) pada lampiran II tentang pernyataan standar pemeriksaan 100, standar umum angka 25 tentang komunikasi pemeriksaan yang menyebutkan bahwa pemeriksaan harus membangun komunikasi yang efesian dan efektif di seluruh proses pemeriksaan supaya proses pemriksaan berjalan dengan lancar dan hasil pemeriksaan dapat di mengerti dan di tidaklanjuti oleh pihak yang bertanggung jawab dan/atau pemangku kepentingan terkait,” Ucap Ketua BPK RI.

Sehingga dari hasil pemeriksaan BPK RI, Polri mendapat opini Wajar Tanpa Pengecualian. Hal tersebut tidak lepas dari kinerja seluruh personil polri yang telah berperan aktif membantu dalam pelaksanaanya. “Sekali lagi kami ucapkan selamat kepada Polri atas komitmen dan kinerjanya karena telah mampu kembali mendapatkan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dan kedepan kami harapkan agar opini ini tetap dipertahankan.” Ujar Ketua BPK RI.

Sementara itu Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si, menyampaikan banyak terima kasih kepada pimpinan BPK RI serta seluruh pemeriksa keuangan yang telah melaksanakan pemeriksaan keuangan selama kurang lebih 100 hari. dan  telah bekerja keras untuk menentukan status opini TA 2022.

Ucapan terima kasih juga kepada rekan dan anggota dan jajaran yang telah bekrja keras untuk mewujudkan pengelolaan keuangan anggaran yang transparan akuntabel dan mengikuti kaida-kaida berkaitan dengan pengelolan, penggunaan keuangan negara.

“Saya perlu mengingatkan setiap rupiah uang rakyat harus dirasakan sepenuhnya oleh rakyat. Tertib administrasi itu penting, tetapi yg jauh lebih penting adalah apa kemanfaatannya untuk rakyat,apa kemanfaatannya untuk masyarakat,apa yang dirasakan oleh masyarakat.” Ujar Kapolri.

Tentunya dalam hal ini kita harus satu garis mengikutinya dan masyarakat seluruhnya mampu merasakannya melalui pemeliharaan Kamtibmas yang kondusif, terkait dengan pemeriksaan ini tentunya kami Polri tetap mengikuti peraturan perundang-undangan yang berlaku dan petunjuk dari BPK RI meskipun terdapat perbaikan, namun semuanya dapat diselesaikan tepat waktu dan berjalan dengan lancar sehingga status opini WTP tetap kami bisa pertahankan.

“Selain tugas rutin yang kita laksanakan melalui anggaran yang diberikan perlu diketahui Bapak Pimpinan BPK RI selama ini kami Polri dalam satu tahun terakhir telah membuat Program Qwick wins Polri Presisi yang telah kita pantau terus dan evaluasi dengan hasil yang signifikan, sehingga kita lanjutkan kembali dengan beberapa triwulan dengan pencapaian yang terus meningkat pula. Namun kami tidak akan berhenti dengan kegiatan tersebut sehingga masyarakat tetap dapat merasakan aman dan nyaman dari setiap kegiatan yang kami laksanakan serta apapun yang menjadi kebijakan Pemerintah kami Polri akan terus mendukungnya.”Jelas Kapolri.

Diakhir kami tetap meminta bantuan, petunjuk dan bimbingan dari BPK RI sehingga di tahun depan kami tetap mampu meraih Opini WTP kembali dan tentunya semua ini akan menjadi semangat kami dalam melakukan perubahan khususnya memanfaatkan keuangan yang diberikan oleh negara dengan mengurangi terjadinya pelanggaran. (Ronny)