oleh

Kampung Lehi Manfaatkan Dandes dan ADD, Ini Peruntukannya

Sitaro-Pemerintah Kampung Lehi, Kecamatan Siau Barat Kabupaaten Sitaro, benar-benar memanfaatkan Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD), untuk peningkatan ekonomi masyarakat, perbaikan infrastruktur, dan kegiatan lainnya.

Untuk tahun 2023 ini Kampung Lehi menerima Dana Desa dan ADD sebesar Rp. 1,338,568,815 (satu miliyar, tiga ratus tiga puluh delapan juta,lima ratus enam puluh delapan ribu,delapan ratus lima belas rupiah).

Adapun dana ini di peruntukan sesuai kesepakatan bersama melalui musyawarah desa yang di hadiri para tokoh masyarakat,tokoh agama serta masyarakat kampung Lehi.

Kapitalau Kampung Lehi Novito Yustivianus Tatengkeng, saat bersua dengan media ini, Selasa (31/10/2023) menjelaskan penggunaan dana ini akan di maksimalkan dan mengikuti mekanisme sesuai aturan yang ada.

“Kami selaku Pemerintah Kampung Lehi menyampaikan terima kasih Kepada pemerintah pusat dan daerah. Sebab dengan dana ini, kami sangat terbantu dalam menjalankan roda pemerintahan dan program Kemasyarakatan dalam mensejahterakan masyarakat kampung Lehi,” Ujar Tatengkeng.

Dirinya berharap agar Dana Desa dan Alokasi Dana Desa ini terus ada dan berkelanjutan. Adanya kucuran Dana Desa (DD) dan  Alokasi Dana Desa (ADD), kemajuan Kampung Lehi kian meningkat baik dari segi perekonomian, pendidikan serta kesehatan masyarakat.”Pungkasnya.

Adapun dari hasil musyawarah desa telah di sepakati untuk penggunaan dana ini di alokasikan sejumlah kegiatan diantaranya,Bidang penyelenggaraan Pemerintahan sebesar Rp.442.264.069. Bidang Pembinaan kemasyarakatan sebesar Rp.45.555.000. Bidang pembangunan desa sebesar Rp.575.393.500, dan Bidang Pemberdayaan desa Rp. 44.350.000. (heri)