oleh

JSC dan Smart Change Hadirkan Jakarta Community Forum di Future City Hub

-Jakarta-480 Dilihat

Jakarta,  Badan Layanan Umum daerah pertama di Indonesia, Jakarta Smart City bekerja sama dengan Smart Change, sebuah proyek kolaborasi kota Berlin dan Jakarta yang didanai oleh Uni Eropa melaksanakan kegiatan Jakarta Community Forum. Jumat (22/09/2023).

Kegiatan ini bertujuan untuk membuka ruang bagi komunitas untuk terhubung dalam satu ruang bersama yang membuka peluang kontribusi dan kolaborasi, serta pemacu inovasi dan partisipasi komunitas-komunitas dalam memajukan Jakarta sebagai kota cerdas berskala global. Lebih dari 60 peserta mewakili sekitar 40 perwakilan komunitas di Jakarta terhimpun di Future City Hub, Gedung JB Tower, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat.

Kegiatan Jakarta Community Forum dimulai pada pukul 09.00 s.d 16.00 WIB. Adapun agenda kegiatan ini, yaitu mulai dari Talkshow, Community Introduction & Presentation, Sharing Session, Networking, FGD, Program Initiation, dan Program Presentation. Selain itu, terdapat tiga narasumber utama untuk mengisi sesi Talkshow, yakni ada Ijoel salah satu Influencer Jakarta, Emalia Kusmiati selaku Program Manager, Coworking dan Annafi Avicenna Fikri selaku Outreach Manager, Campaign yang bersama-sama mendiskusikan tema kegiatan yang diangkat terkait “Kolaborasi Komunitas Menuju Jakarta Kota Cerdas Berskala Global”.

Kegiatan ini dibuka secara langsung oleh Alecia Firnanda selaku Program & Content Manager, Smart Change. Dalam sambutannya, Alecia menyatakan bahwa kegiatan ini adalah kegiatan penutup yang difasilitasi langsung oleh proyek Smart Change karena proyek ini akan berakhir di Bulan September 2023. Proyek Smart Change sudah berjalan selama 3 tahun yang salah satu luaran nyata yang dapat diamati langsung lewat kehadiran Future City Hub. Menjadi titik temu antara problem owner (Pemprov DKI Jakarta) dengan problem solvers (penta helix) termasuk komunitas, Future City Hub akan ambil bagian dalam perwujudan kolaborasi untuk memecahkan masalah dan mendiskusikan ide masa depan Jakarta.

Dalam kegiatan ini, seluruh peserta dapat berkenalan secara langsung dengan berbagai pemimpin dan pengurus komunitas. Mereka berjejaring, berbagi pengalaman suka dan duka dalam berkomunitas, serta saling berinfo terkait apa saja program atau kegiatan yang sedang berjalan atau yang akan datang. Peserta juga menerima pembekalan terkait paparan komunitas yang dibawakan langsung oleh Jianly Imanuel, Community Specialist, Jakarta Smart City untuk dapat membantu komunitas mengenal lebih dekat dengan program, serta produk dan layanan yang ada, membantu komunitas mendapatkan informasi khusus terkait program komunitas, hingga peluang untuk berkolaborasi langsung dengan Jakarta Smart City.

Terdapat juga sesi FGD yang terbagi dalam dua panel diskusi dimana sesi ini memfasilitasi peserta mendiskusikan serta menggarap ide dan inovasi baru untuk mengatasi berbagai permasalahan di Jakarta. Panel pertama melibatkan komunitas yang berfokus pada isu pendidikan, literasi digital, kepemudaan, lingkungan, organisasi kemahasiswaan hingga OSIS/MPK. Sementara panel kedua melibatkan komunitas yang berfokus pada isu kebijakan publik, UMKM, ekonomi kreatif, transportasi, disabilitas, dan community based. Setiap masing-masing panel melahirkan satu ide dan inovasi dalam bentuk program bersama sebagai bentuk konkret kolaborasi komunitas terhadap penyelesaian permasalahan Jakarta.

Sebagai forum komunitas pertama yang diadakan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, forum ini sudah berusaha untuk inklusif dengan beberapa komunitas disabilitas, dimana teman netra dan teman tuli juga terlibat aktif dalam kegiatan ini. Harapannya Jakarta Community Forum menjadi titik awal kebangkitan semangat kolaborasi antarkomunitas di Jakarta. Jakarta Smart City terus berperan sebagai fasilitator bagi para co-creators termasuk komunitas dalam mendorong ide dan inovasi baru di Jakarta, serta kolaborasi berkelanjutan di Future City Hub ini. (Chris)