oleh

Jalan Sehat Bersama, Wabup Suharsi Igirisa Canangkan HKN ke-59

Pohuwato-Pemerintah daerah melalui Dinas Kesehatan Kabupaten Pohuwato menggelar peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-59 tingkat Kabupaten Pohuwato, bertempat di Wisata Pantai Pohon Cinta Marisa, Kamis (09/11/2023).

Pencanangan HKN dilakukan Wakil Bupati Pohuwato, Suharsi Igirisa ditandai dengan pelepasan balon. Dikatakan wabup, tema yang diusung pada Hari Kesehatan Nasional ke-59 kali ini ”Transformasi Kesehatan untuk Indonesia Maju” yang menempatkan kata sehat menjadi posisi pertama dalam visi misi pemerintahan SMS

“Insyaallah ini menjadi komitmen kita bersama dalam mewujudkan visi misi yang menjadikan masyarakat yang sehat, maju dan sejahtera. Kita semua harus bahu membahu, saling bergerak bersinergi, koordinasi semua pihak, di dalamnya ada BPJS Kesehatan, RSUD Bumi Panua, Rumah Sakit Pratama dan lintas sektor lainnya untuk membangun sektor kesehatan di daerah yang sama kita cintai ini”,tutur Wakil Bupati Suharsi Igirisa.

Dengan tema tersebut, Wabup Suharsi berharap, harus diimplementasikan dalam setiap program di bidang kesehatan yaitu transformasi layanan, transformasi sumber daya manusianya, transformasi ketahanan dan digitalisasi sehingga pembangunan kesehatan dapat diwujudkan.

“Alhamdulillah ini sudah diwujudkan oleh jajaran kesehatan khususnya di RSUD Bumi Panua kerja sama dengan BPJS Kesehatan untuk pasien-pasien yang masuk untuk mendapatkan layanan hanya lewat sidik jari dan tidak perlu lagi mengantri, dan pemerintah daerah sangat mengapresiasi jajaran dinas kesehatan”,katanya.

Dan untuk layanan kesehatan ini, menurut Wabup Suharsi, akan berdampak pula pada meningkatnya indeks pembangunan manusia yang didalamnya ada pendidikan, kesehatan dan kemampuan ekonomi.

“Untuk itu, sekali lagi saya ucapkan terima kasih kepada semua pihak khususnya jajaran kesehatan di daerah ini, saya berharap melalui moment HKN ke-59 ini, pelayanan kesehatan di Kabupaten Pohuwato dapat lebih lagi dimaksimalkan”, harap Wabup Suharsi Igirisa.

Selanjutnya, terkait pembangunan kesehatan, Wakil Bupati Suharsi Igirisa juga mengingatkan pada seluruh lintas sektor maupun jajaran kesehatan di Kabupaten Pohuwato, untuk melaksanakan tugasnya dengan paripurna.

“Saya harapkan kepada jajaran kesehatan, mari kita bekerja dan sama-sama bekerja demi menghasilkan generasi sehat indonesia unggul pada 2045 yang akan datang”, pungkas Wabup Suharsi Igirisa.

Pencanangan Peringatan HKN ke-59 turut dihadiri Sekretaris Daerah Iskandar Datau, Kepala Dinas Kesehatan, Fidi Mustafa, pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Kepala-kepala Puskesmas serta jajaran Dinas Kesehatan Kabupaten Pohuwato.

Rangkaian kegiatan yang digelar oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Pohuwato pada Pencanangan Peringatan HKN ke-59 ini diantaranya, kampanye Germas Hidup Sehat, jalan pagi bersama, zumba bareng, serta screening keswa dan PTM (Cek gula darah, cek kolesterol, cek asam urat dan Hipertensi.

Kegiatan diawali jalan sehat yang mengambil star di halaman kantor sementara bupati menuju finis wisata Pantai Pohon Cinta, Marisa.(*)