oleh

Jadi Icon Bolmong, Bupati Limi Letakan Batu Pertama Pembangunan Gedung Perpustakaan Daerah

-Berita-771 Dilihat

Bolmong-Penjabat Bupati Bolmong, Ir Limi Mokodompit MM, melakukan peletakan batu pertama sebagai tanda akan dimulainya gedung perpustakaan daerah di Desa Padang, Kecamatan Lolak.

“Kedepan semoga pembangunan ini berjalan dengan lancar dan tidak ada hambatan sehingga kalau cepat selesai masyarakat dapat memanfaatkan bangunan ini,” kata Bupati Limi, Jumat (04/08/2023).

Gedung Perpustakaan ini lanjut Bupati Limi, memiliki lahan seluas kurang lebih satu hektare, dengan dua lantai dan ukuran bangunan seluas 1600 meter persegi, dan di biayai dengan anggaran sebesar Rp10 Miliar yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) melalui Dana Alokasi Khusus (DAK).

“Gedung perpustakaan dan arsip daerah ini direncanakan berskala nasional, sehingga diharapkan dapat memenuhi kebutuhan informasi dan pengetahuan secara lengkap dan luas untuk seluruh masyarakat,” ucap Bupati Limi.

Pada kesempatan itu, Bupati Limi juga menyampaikan rasa bangganya atas dimulainya proyek megah ini, yang diharapkan menjadi representatif dan kebanggaan bagi warga Bolmong.

“Diharapkan gedung perpustakaan skala nasional ini nantinya,bisa menjadi tempat arsipisasi dokumen-dokumen kebudayaan dan adat istiadat Kabupaten Bolmong. Dan gedung ini tidak hanya sekedar bangunan saja namun dapat menjadi pusat ilmu pengetahuan.” Ungkap Bupati Bolmong.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Bolmong, Sumarni Bonde, menjelaskan bahwa proyek ini akan menjadi gedung perpustakaan khusus pertama yang dimiliki oleh Kabupaten Bolmong.

Dengan adanya gedung perpustakaan dan arsip daerah yang modern dan representatif, Pemkab Bolmong berharap dapat meningkatkan tingkat literasi di kalangan masyarakat, khususnya para pelajar dan mahasiswa.

Selain itu, gedung perpustakaan ini juga diharapkan menjadi pusat diskusi dan pengetahuan yang berkontribusi pada inklusi sosial bagi seluruh warga Bolmong.

Proyek ini merupakan bukti komitmen Pemkab Bolmong dalam mendukung pendidikan dan pengetahuan di wilayah mereka.

Diharapkan, dengan adanya gedung perpustakaan yang mampu memenuhi kebutuhan informasi dan pengetahuan secara komprehensif, dapat membawa perubahan positif bagi perkembangan intelektual dan sosial masyarakat Bolmong.

Acara peletakan batu pertama ini dihadiri oleh beberapa tokoh penting, termasuk Kapolsek Lolak Iptu Rani Rorong, Danramil Lolak Lettu Jasim Lessi, pimpinan perangkat daerah, serta warga sekitar. (*/Wdr)