oleh

Hari Patriotik 23 Januari, Bupati Saipul : Harus Menjadi Spirit Untuk Kita Semua Dalam Membangun Kabupaten Pohuwato

Pohuwato– Setiap tanggal 23 Januari, masyarakat Gorontalo memperingati Hari Patriotik. Peringatan ini dilakukan untuk menambah wawasan bangsa terhadap perjuangan para pahlawan Indonesia. Sebab, hari ini menjadi hari bersejarah bagi rakyat Indonesia dalam mengusir penjajah dan merebut kemerdekaan bangsa Indonesia di Gorontalo.

Tepat hari ini, 23 Januari pada 1942 silam, di bawah pimpinan Pahlawan Nasional, Nani Wartabone, para pemuda dan seluruh masyarakat Gorontalo berhasil mengusir penjajah Belanda dan mengibarkan bendera Merah Putih di lapangan Taruna Remaja dan kantor Pos di Kota Gorontalo.

Upacara memperingati Hari Patriotik 23 Januari 1942 ke-82 tahun 2024 tingkat Provinsi Gorontalo yang berlangsung di Lapangan Duwano, Kecamatan Suwawa, Kabupaten Bone Bolango turut dihadiri Bupati Pohuwato, Saipul A. Mbuinga.

Upacara itu dipimpin langsung Pj. Gubernur Gorontalo, Ismail Pakaya dan dihadiri bupati/wali kota se-Provinsi Gorontalo, forkopimda provinsi dan kabupaten/kota, TNI/Polri serta anggota DPRD Provinsi, Selasa, (23/01/2024).

Dikonfirmasi, Bupati Saipul menyampaikan bahwa hari ini kita memperingati Hari Patriotik 23 Januari yang ke-82 kalinya. Hari Patriotik 23 Januari harus menjadi spirit untuk kita semua dalam membangun Provinsi Gorontalo termasuk membangun Kabupaten Pohuwato.

“Di masa kemerdekaan saat ini, seluruh masyarakat Gorontalo berkewajiban untuk meneruskan cita-cita perjuangan Pahlawan Nasional Nani Wartabone dengan meningkatkan semangat untuk bekerja, berinovasi, dan rela berkorban dalam pembangunan serta pula bersatu padu dengan pemerintah dalam mewujudkan dan membangun Provinsi Gorontalo”,kata Bupati Saipul.

Kegiatan dilanjutkan dengan ziarah dan tabur bunga ke makam pahlawan Nani Wartabone di Desa Bube Baru, Kecamatan Suwawa, Kabupaten Bone Bolango.(*/Has)