Hari Jadi Minahasa Ke 591 Sukses Digelar

Tondano – Pemerintah Kabupaten Minahasa menggelar upacara bendera dalam rangka memperingati Hari Jadi Minahasa Ke 591, bertempat di lapangan Sam Ratulangi, Selasa (05/11/2019).

Setelah upacara, dilanjutkan dengan pelaksanaan Sidang Paripura Istimewa DPRD Kabupaten Minahasa dalam rangka memperingati HUT Kabupaten Minahasa ke-591, yang dilaksanakan di gedung Wale Ne Tou, Sasaran Tondano.

Gubernur Sulut Olly Dondokambey SE,dan Wakil Gubernur Drs Steven Kandouw didampingi Bupati Minahasa Ir Royke Oktavian Roring MSi dan Wakil Bupati Robby Dondokambey SSi, hadir langsung dalam rapat Paripurna yang dipimpin Ketua DPRD Glady Kandouw.

Sidang Paripurna ini juga turut diwarnai acara pemberian gelar adat Tonaas Wangko Um Banua kepada Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey oleh Majelis Kebudayaan Minahasa, yang berasal dari sembilan pakasaan yakni Pakasaan Tonsara, Toudano, Tombulu, Tontemboan, Tonsawang, Pasan, Ponosakan, Bantik dan Babontehu.

Selain itu pemberian penghargaan dan cendera mata kepada 34 Provinsi Jemat Pemudah Indonesia ( JPI ) serta pemberian hadiah kepada semua pemenang lomba Pendidikan, lomba Budaya, dalam rangkaian kegiatan memperingati Hari Jadi Kabupaten Minahasa.

Terkait Hari Jadi ke- 591, Bupati Royke Oktavian Roring berharap menjadi momentum yang memotivasi segenap komponen daerah dalam bersinergi menuju Minahasa yang hebat.

“Tak lupa di hari yang sangat spesial ini, kami ucapkan banyak terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada semua pihak dalam menopang program pemerintah Kabupaten Minahasa hingga boleh meraih perolehan Opini Wajar tanpa Pengecualian (WTP) sebanyak lima kali oleh BPK RI kepada Kabupaten Minahasa,” Ucap Bupati ROR.

Sambutan Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey menyampaikan ucapan selamat kepada pemerintah Kabupaten Minahasa dan masyarakat di Hari Jadi ke- 591 tahun 2019 ini. 

“Program pemerintah dalam menopang pembangunan di Kabupaten Minahasa. Tahun depan pemerintah provinsi telah menganggarkan  20 miliar pemeliharaan Danou Tondano dan mengangkat eceng gondok,”Ucap Gubernur Olly, seraya menambahkan apa yang kita capai harus lebih tingkatkan dalam pelayanan Publik karena Pemerintah harus jadi pelayan bagi masyarakat.

Usai sidang paripurna, dilanjutkan dengan pagelaran Festival Benteng Moraya yang digelar oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Minahasa, di Monumen Benteng Moraya Tondano. Kegiatan ini di warnai lomba Bendi hias, lomba musik Kolintang dan lomba tari Maengket.

Turut hadir Sekdaprov Gorontalo Darda Daraba mewakili Gubernur, Ketua TP PKK Sulut Ir, Rita Tamuntuan, Bupati Minahasa Ir, Royke Oktavian Roring, Wakil Bupati Robby Dondokambey, Dandim 1302/Minahasa Letkol Inf. Slamet Raharjo S.sos, M.Si, Kapolres Minahasa AKBP Denny Situmorang S.Ik, Kajari Minahasa Rahmat Budiman SH. DKM, Kepala PN Tondano Sujatmiko SH.MH,

Hadir Juga Sekdaprov Sulut Edwin Silangen, Wabub Minsel Franky Wongkar SH, Wabub Mitra Drs Joke Jesaja Legi, Wabub Bolmut Drs. Amin Lasena, Wabub Bolmong Yanny Tuuk, anggota DPRD Minahasa, Ketua TP PKK Minahasa Fenny Lumanauw, Wakil Ketua TP PKK Minahasa Martina Lengkong, Sekdakab Minahasa Frits Muntu dan jajaran, tokoh agama, peserta Jambore Pemuda Indonesia ( JPI ) dan undangan. (Advetorial)

Related posts

Leave a Comment