oleh

Dorong Netralitas Pemilu, ASN Kabupaten Pohuwato Ucapkan Ikrar Deklarasi

Pohuwato -Pemerintah Kabupaten Pohuwato mendorong netralitas pemilihan umum (Pemilu) di kalangan Aparatur Sipil Negara (ASN). Berbagai upaya dilakukan agar para ASN tidak memihak siapapun menuju dan saat kontestasi Pemilu 2024 mendatang.

Salah satu upaya yang dilakukan oleh Pemkab Pohuwato  yaitu seluruh ASN melakukan pengucapan ikrar deklarasi dalam penyelenggaraan Pemilu dan Pemilihan Presiden tahun 2024.

Ikrar deklarasi yang berlangsung di halaman kantor Bupati sementara ini,disaksikan Bupati Pohuwato, Saipul A. Mbuinga, Wakil Bupati, Suharsi Igirisa, yang dibacakan salah satu ASN Setda, Eka Putra Mantulangi dan diikuti seluruh ASN dari pejabat pratama hingga jabatan pelaksana,disela upacara HUT Korpri ke-52 yang dirangkaikan dengan HUT PGRI ke-78 dan Hari Guru Nasional Tahun 2023,Rabu (29/11/2023).

Empat poin dalam ikrar deklarasi netralisasi ASN Pohuwato tersebut yaitu, menjaga dan menegakkan prinsip netralitas ASN dalam melaksanakan fungsi pelayanan publik baik sebelum, selama maupun sesudah pemilihan tahun 2024.

Menghindari konflik kepentingan, tidak melakukan praktek-praktek intimidasi dan ancaman kepada ASN dan seluruh elemen masyarakat serta tidak memihak kepada pihak pasangan calon atau partai politik tertentu.

Menggunakan media sosial secara bijak dan tidak menyebarkan ujaran kebencian dan berita bohong. Menolak politik uang dan segala jenis pemberian dalam bentuk apapun. Ikrar deklarasi dilaksanakan dengan penuh integritas dan rasa penuh tanggung jawab dalam rangka mewujudkan netralitas ASN yang bermartabat, beretika dan demokratis demi terwujudnya persatuan dan kesatuan NKRI.

Bupati Saipul Mbuinga mengimbau kepada seluruh anggota korpri dalam menghadapi pemilihan umum 2024 yang tahapannya sudah di mulai, agar tetap menjaga netralitas dan profesionalisme, demi terwujudnya proses demokrasi yang sehat khususnya di Kabupaten Pohuwato.

Karena kita tahu bersama, dalam menghadapi momentum penting Pemilihan Umum, ASN di berbagai daerah diimbau untuk tetap menjaga netralitas dan tidak terlibat dalam kegiatan politik praktis. Hal ini dilakukan untuk memastikan keberlangsungan proses demokrasi yang adil dan transparan.

“Netralitas ASN adalah kunci utama dalam menjamin jalannya pemilihan yang bebas dari intervensi dan pengaruh politik, disisi lain pentingnya menjaga profesionalisme ASN, terutama dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat tanpa adanya preferensi politik yang bisa memengaruhi kinerja birokrasi”,pungkas Bupati Saipul.

Kegiatan dilanjutkan dengan penandatanganan ikrar deklarasi netralitas ASN Pohuwato dalam rangka Pemilihan Umum Tahun 2024 oleh Pembina Korpri Pohuwato, Saipul Mbuinga bersama Suharsi Igirisa Sekda Iskandar Datau, para asisten, staf ahli bupati, pimpinan OPD dan ASN di lingkungan Pemda Pohuwato.(*/Has)