Dinyatakan Berkompeten, 11 Wartawan Tomohon Lulus Ujian Kopemtensi Wartawan – UKW 2019

Tomohon – 11 wartawan yang sehari-hari bertugas meliput di Kota Tomohon akhirnya dinyatakan lulus setelah mengikuti beberapa tahapan materi ujian yang disodorkan oleh tim penguji dari PWI pusat. Uji Kompetensi Wartawan (UKW) adalah pengakuan berbentuk sertifikat untuk diri sendiri dan media massa yang akan mempekerjakan seseorang yang mampu melakukan hal-hal dalam dunia jurnalistik. Untuk itu, organisasi resmi Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota Tomohon melaksanakan kegiatan peningkatan kemampuan kompetensi jurnalis yang digelar di Anugerah Hill, Jumat (16/08/2019).

Disela kegiatan, Ketua PWI Kota Tomohon John Paransi mengatakan, bahwa kegiatan UKW saat ini telah menjadi syarat utama bagi kalangan profesi sebagai jurnalistik. “Uji Kompentensi Wartawan saat ini sudah menjadi syarat utama sebagai wartawan profesional,”ujar Paransi.

Paransi juga menuturkan bahwa sebagai kalangan profesi wartawan yang nota bene adalah pilar ke- 4 pembangunan bangsa kini menjadi tuntutan sesuai program tetap dari Dewan Pers melalui organisasi Persatuan Wartawan Indonesia (PWI). “Yah, memang jati diri wartawan profesional wajib dibuktikan dengan wawasan intelektual dan memahami prinsip – prinsip jurnalis menjalankan tugas dan fungsi berdasarkan UU PERS no. 40 Tahun 1999,” ungkap Paransi sembari menambahkan bahwa UKW merupakan ajang seleksi bagi wartawan yang mendalami kode etik jurnalistik.

Diketahui, peserta Ujian Kopetensi Wartawan yang ada di Kota Tomohon berjumlah 11 orang dengan latar belakang media yang berbeda-beda . Ke 11 wartawan Tomohon tersebut yang mengikuti Uji Kompetensi Wartawan (UKW) ke- 2 di Tomohon yang dinyatakan lulus dan dinyatakan berkompeten oleh kedua penguji dari PWI pusat yaitu Wartawan senior tingkat Nasional yakni Widodo A sebagai Direktur Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Jurnalis, serta Sekretaris Dewan Kehormatan PWI, Sasongko Tedjo.

Pelaksanaan Ujian Kopetensi Wartawan disaksikan oleh Ketua PWI Sulut Voucke Lontaan, Merson Simbolon Wakil Ketua PWI sulut, Asisten 1 Kota Tomohon O.D.S Mandagi, Kadis Kominfo Tomohon Jusak TS Pandeirot SPd MM.

Adapun nama-nama yang telah dinyatakan berkompeten yakni :
•Donald Mamoto (Redaksisulut.com)
Donald Kuhon
•Denny Poluan
•Maria Wolayan
•Adi Pontoan
•Sterky Konehe
•Stevy Tampi
•Prokla Mambo
•Stenly Lasut
•Jefry Montolalu
•Jonathan Massie

Dengan disandangnya status berkopeten oleh PWI pusat, Sekretaris Kota Tomohon Harold Lolowang saat di hubungi wartawan media redaksisulut.com melalui telepon selulernya, menyampaikan ucapan selamat bagi para wartawan yang telah lulus dalam Ujian Kopetensi Wartawan dan berharap kedepan menjadi wartawan yang profesional dan dapat melahirkan berita-berita yang akurat sertakan tetap jalankan sesuai dengan undang-undang dan kode etik wartawan. (*/Oma)

Related posts

Leave a Comment