Dinas PMD Bolmut Terapkan Aplikasi SIPDESA

Bolmut – Kemajuan teknologi informasi menuntut kita terus belajar dan berkembang, itulah yang terlihat dari antusias para aparat Desa Padango dan Desa Kayuogu yang sedang mengimput data lewat aplikasi Sistem Informasi Perangkat Desa (SIPDESA) berbasis web. Kayuogu, Jumat (14/02/2020).

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Fadly T Usup, SE,MM, menyampaikan bahwa aplikasi ini membantu masyarakat untuk mengetahui nama,  usia, jenjang pendidikan, dan jabatan perangkat diwilayahnya, selain itu untuk membantu OPD Kabupaten Bolmut jika ada permintaan data di desa akan lebih mudah dengan mengakses aplikasi ini.

Kaur Tata Usaha dan Umum Desa Padango Rustam Gobel disela istrahat sejenak dalam mengimput data, dirinya mengatakan bahwa pengimputan ini sesuai dengan permintaan data oleh DPMD ke seluruh perangkat Desa/Kelurahan se-Kabupaten Bolmut.

Aplikasi SIPDESA yang telah disediakan oleh DPMD ini melalui prakarsa Dinas Kominfo dan Persandian Bolmut khususnya di Bidang Aplikasi dan Informatika.

“Aplikasi ini sebagai sistem untuk kemudahan dalam mendapatkan informasi mengenai Perangkat Desa”. Jelas Rustam.

Aplikasi ini adalah aplikasi yang memuat seluruh data dan informasi perangkat desa sebagai peningkatan data base perangkat desa berbasis sistem informasi.

“Satu per satu data harus di imput, jika salah satu tidak terimput maka aplikasi akan menolak dengan otomatis lewat pemberitahuan aplikasi”, imbuh Rustam.

Disaat bersamaan dalam pengimputan data, Fadlan Sulaeman selaku Kaur Keuangan Desa Kayuogu berkata bahwa aplikasi SIPDESA ini berbasis online yang diluncurkan disetiap Desa, maka harus memiliki jaringan internet yang memadai.

“Untuk Desa Kayuogu dalam menjangkau jaringan internet menggunakan paket data internet Handphone yang telah diposisikan pada tempat berupa jendela agar signalnya tidak hilang, sementara itu, Desa Busato jaringannya yang masih kategori blank spot area, maka para kaurnya pun mendekati desa-desa yang terdapat signal atau pergi ke Desa Tontulow yang telah tersambung WiFi IndiHome untuk menyewa per jam agar memperlancar pengimputan SIPDESA”, tutur Fadlan. (***)

Related posts

Leave a Comment