oleh

Dilepas Bupati Pohuwato, Peserta Gerak Jalan Antusias Meriahkan HUT RI Ke-78

Pohuwato-Pemerintah Kecamatan Paguat menggelar gerak jalan dalam rangka menyemarakan HUT Kemerdekaan RI ke-78, yang mengambil star dari Desa Molamahu atau simpang tiga jalan menuju pelabuhan Bumbulan dan finis taman Paguat.

Kegiatan yang di ikuti dari tingkat pelajar sampai kategori umum ini, di lepas Bupati Pohuwato, Saipul A. Mbuinga, dan di hadiri Wakil Bupati, Suharsi Igirisa, Ketua TP. PKK Pohuwato, Selvi Mbuinga Monoarfa, Anggota DPRD Provinsi, Nikma Tahir, Jum’at, (18/8/2023).

Dalam sambutannya, Bupati Saipul mengucapkan terima kasih kepada camat dan seluruh jajarannya yang telah menggelar berbagai kegiatan dalam rangkaian memeriahkan HUT ke-78 Proklamasi Kemerdekaan RI.

Diakui pula berbagai kegiatan yang digelar tentu tidak lain untuk menyambut dan memeriahkan hari kemerdekaan yang telah direbut oleh para pahlawan dari tangan penjajah.

Pada kesempatan itu, Bupati Saipul mengajak kepada seluruh yang hadir dan peserta gerak jalan untuk sejenak menundukkan kepala berdoa kepada para pahlawan bangsa.

“Saya mengajak untuk sejenak kita hening mengenang jasa-jasa para pahlawan yang telah gugur di medan tempur dalam rangka merebut kemerdekaan RI. Bagi umat islam, kita kirim doa al-fatihah bagi arwah-arwah para pahlawan, dan bagi agama lain mengirimkan sesuai dengan doa dan kepercayaannya.

Semoga dengan doa ini, insyaallah mereka beroleh tempat yang layak disisi Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa atas perjuangan dalam memerdekakan bangsa ini”,ungkap bupati.

Menurut Saipul, kemerdekaan ini menjadi berkah buat kita sebagai warga Indonesia.“Kita bisa untuk memeriahkan, tapi kemeriahan ini adalah hasil dari pada perjuangan para pahlawan-pahlawan.

Olehnya mari kita jaga terus kemerdekaan ini dengan mengisi berbagai kegiatan dalam menyambutnya”,pungkas Bupati Saipul.

Sementara itu, Wabup Suharsi Igirisa yang berkesempatan melepas gerak jalan berharap untuk kiranya para peserta dapat memperhatikan jarak, keamanan, ketertiban selama perjalanan, sehingga semuanya sampai finis dengan selamat.

Sebelumnya, Camat Paguat, Ikbal Mbuinga melaporkan, gerak jalan di Kecamatan Paguat telah dimulai dari Kamis kemarin yang diikuti SD, MI, MTS dari tempat star SMP 2 Paguat dan finis taman Paguat. Sementara kategori umum yang berjumlah 79 regu star dari Desa Molamahu finis taman Paguat. (*/Ain)