oleh

Bupati Limi Dampingi Gubernur Olly Resmikan Pengisian Air Waduk Lolak

Bolmong-Proyek bendungan atau Waduk yang terletak di Desa Pindol, Kecamatan Lolak, Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) telah selesai dibangun.

Waduk Lolak tersebut mulai beroperasi dalam hal ini dilakukan pengisian awal air (Impounding) yang dihadiri langsung oleh Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey pada Jumat (18/08/2023)

Penjabat (Pj) Bupati Bolmong Limi Mokodompit, ikut hadir dan mendampingi Gubernur Sulut Olly Dondokambey meresmikan pengisian air Waduk Lolak.

Gubernur Sulut Olly mengucapkan terima kasih kepada Presiden Republik Indonesia Ir Joko Widodo (Jokowi) yang terus mensupport pembangunan proyek prioritas yang ada di Provinsi Sulut.

“Mudah-mudahan sangat bermanfaat bagi masyarakat Bolaang Mongondow untuk dapat mengisi air irigasi kurang lebih 2.214 hektare lahan sawah. Juga penyediaan air baku 500 liter perdetik dan paling penting pengendalian banjir di Desa Lolak yang setiap tahun saat musim hujan terjadi banjir,” ujarnya.

Menurut orang nomor satu di Sulut, ini menjadi suatu kebanggaan bagi kita apabilah ini air bisa terkendali dengan baik.

“Kita bersyukur pada saat musim panas bendungan ini bisa kita resmikan dan bisa mengisi airnya. Ini menjadi berkat bagi kita terutama air bisa kita manfaatkan dengan baik,” kata Gubernur Olly.

Gubernur Olly juga berharap kepada masyarakat yang belum terpenuhi keinginannya mari kita bicara bersama.

Di kesempatan yang sama, Pj Bupati Bolmong Limi Mokodompit berharap adanya dukungan berbagai pihak terutama masyarakat dengan mulai beroperasinya Waduk Lolak ini.

Bendungan Lolak, ini kata Bupati Limi cukup besar anggarannya. Triliunan rupiah yang digelontorkan oleh pemerintah pusat lewat program pembangunan proyek strategis nasional dari presiden RI Joko Widodo.

“Kita sangat beruntung, sebab sungguh banyak manfaat seperti mengairi irigasi persawahan masyarakat dan juga akan menjadi tempat wisata bahkan ini akan menjadi icon baru di Lolak sebagai ibu kota bolmong,” kata Bupati Limi.

Lanjut Bupati Limi, ada banyak daerah yang ingin mendapatkan program pembangunan untuk bendungan, tapi Kabupaten Bolmong ini sangat beruntung atas perjuangan dari Gubernur Sulut Olly Dondokambey.

Hadir pada kesempatan itu, Ketua DPRD Bolmong Welty Komaling, para Forkopimda, pimpinan OPD Pemkab Bolmong serta pimpinan pada proyek Waduk Lolak tersebut. (*Advetorial)