Dilaunching di Sulut,ODSK Siap Sukseskan Program Kartu Pra Kerja

OD-SK

Sulut –  Pemerintah Provinsi Sulut melalui Dinas Tenagakerja dan Transmigrasi  terus menunjang program Presiden Jokowi diantaranya kartu pra-kerja.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Sulut, Erny Tumundo mengatakan Kartu ini adalah akses bagi masyarakat untuk mendapatkan pelatihan sesuai dengan kebutuhan.

“Pemerintah OD-SK melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Daerah Provinsi Sulut akan segera melaunching kartu pra kerja yang merupakan program dari pak Presiden Jokowi ini, dan Disnakertrans Provinsi Sulut sudah siap untuk melaksanakan program ini,” terang Erny, Jumat (13/3/2020).

Dikatakan Erny, program ini sudah di mulai dengan inventarisasi ke lembaga-lembaga pelatihan kerja.

“Baik yang milik pemerintah maupun swasta, dan melakukan training center di perusahaan-perusahaan telah dilaksanakan terlebih dahulu,” kata Erny.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Sulut, Erny Tumundo

Erny sapaan akrabnya menjelaskan kartu prakerja tahun 2020 sebanyak 2 juta, dibagi 1.5 juta diakses lewat digital dan 500 ribu diakses reguler.

“Sebanyak 1,5 juta kartu prakerja oleh kementerian Perekonomian RI  melalui akses digital dan 500 ribu oleh kementerian ketenagakerjaan melalui akses reguler.alokasi kartu prakerja 500 ribu dialokasikan untuk 5 daerah destinasi wisata superprioritas. Tiga daerah yang terdampak ekonomi karena wabah Covid 19. Sulawesi Utara mengakses pada dua kuota yaitu sebagai salah satu dari 5 destinasi dan satu dari 3 daerah di Indonesia yang mengalami dampak virus corona,” tutur Erny.

Ditambahkan Erny, Gubernur Sulawesi Utara sangat mengapresiasi dan mendukung penuh pelaksanaan launching kartu pra kerja tingkat nasional untuk dilakanakan di Sulawesi Utara.

“Dan hari ini tim terpadu dari Kemenaker RI melaksanakan sosialisasi kartu prakerja dan melakukan pemetaan tempat pelatihan dengan kapasitas tampung pelatihan,” ujarnya.

Diketahui pemerintah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) sudah membuka pendaftaran ditahap pertama, dan yang mendaftar sebanyak 7000 an peserta. (*/JM)

Related posts

Leave a Comment