oleh

Dilaksanakan di Delapan Kecamatan Hingga Acara Puncak, Pesta Adat Tulude Berjalan Lancar Dan Meriah

Bitung, Redaksisulut – Pemerintah Kota (Pemkot) Bitung sukses gelar Acara Puncak pesta Adat Tulude di lapangan Kantor Wali Kota Bitung. Selasa, (6/2/2024).

Diketahui, sebelumnya tradisi Masyarakat Nusa Utara Ini sebelumnya sudah diselenggarakan di delapan Kecamatan yang ada di Kota Bitung sejak tanggal 31 Januari 2024 hingga acara puncak berjalan dengan sukses dan meriah.

Dalam kesempatan, Wali Kota Bitung, Ir. Maurits Mantiri, MM menyampaikan bahwa pelaksanaan Adat Tulude merupakan kegiatan yang sakral dan mengandung berbagai macam kebudayaan.

“Pesta Adat Tulude ini merupakan bagian dari pergelaran Iman dalam nilai-nilai Budaya, karena budaya mengajarkan berbagai hal dalam kebaikan sehari-hari. Sehingga Budaya merupakan bentuk dari kegiatan yang mutlak dilakukan dan ini bukan hanya seremonial, tetapi harus benar-benar kita pahami dan diresapi”. Katanya.

Dirinya juga menyampaikan bahwa saat ini kita lagi dalam situasi diperhadapkan dengan pesta demokrasi.

“Menjelang pemilihan, tentunya kita sudah mempunyai pilihan masing-masing, tinggal menunggu hari pemilihan, namun pada saat masa tenang pada tanggal 10, sudah tidak ada lagi aktivitas atau kegiatan kampanye dalam bentuk apapun jadi mari kita bersama saling jaga agar tidak ada permasalahan ditengah Masyarakat”. Kata Maurits seraya mengajak Masyarakat dan seluruh stakeholder untuk menjaga dan mensukseskan Pemilu yang aman dan nyaman.

Turut hadir dalam puncak Pagelaran Upacara Adat Tulude, Wali Kota Bitung, Ir. Maurits Mantiri, MM didampingi Ketua TP PKK Kota Bitung, Ny Rita Mantiri Tangkudung, ST, Wakil Wali Kota, Hengky Honandar, SE didampingi Sekertaris I TP PKK Kota Bitung, Ny Ellen Honandar Sondakh, Perwakilan Gubernur Sulut, Kadis Perkimtan Pemprov Sulut, Alexander Watimena, unsur Forkopimda Kota Bitung, Kepala Perangkat Daerah Pemkot Bitung, para Camat dan Lurah se-Kota Bitung, ASN, para Tokoh Adat, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat serta para undangan. (Wesly)