oleh

Dihadiri Menko PMK RI, Bupati ROR Hadiri Peringatan HKSN

MINAHASA – Bupati Minahasa DR. Ir. Royke O. Roring, M.Si. IPU. Asean. Eng menghadiri Acara Puncak Peringatan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) Tahun 2020, bertempat di Ruang Mapalus Kantor Gubernur Sulut,Sabtu (19/12/2020).

Acara ini dihadiri langsung oleh Men Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) RI yang juga selaku Menteri Sosial RI Ad Interim Muhadjir Effendy, Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey, SE, Wakil Gubernur Sulawesi Utara Drs. Steven Kandouw, Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Utara Edwin Silangen, SE, MS, Wakil Gubernur Bangka Belitung Abdul Fatah, Forkopimda Sulawesi Utara, Bupati/Walikota se-provinsi Sulawesi Utara dan jajaran pejabat eselon I dan II Kemensos.

Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) tahun ini mengambil tema “Kesetiakawanan Sosial Melawan Covid-19.”

“Penanganan dampak pandemi Covid-19 bukan hanya tanggung jawab pemerintah, namun semua elemen masyarakat. untuk itu melalui peringatan HKSN Tahun 2020 ini marilah kita semua peduli, berbagi, dan mengembangkan nilai-nilai kesetiakawanan sosial dan terus menerapkan 3M (Memakai Masker, Mencuci Tangan, Menjaga jarak) agar kita dapat mengatasi Pandemi Covid-19” ungkap Bupati Minahasa.

Pelaksanaan acara puncak peringatan HKSN dilaksanakan di seluruh Indonesia, dengan format seremonial terbatas di gedung Mapalus Kantor Gubernur Sulut.

Peserta Acara Luring ini hanya sebanyak 85 orang dengan menggunakan protokol kesehatan dan peserta lain mengikuti secara daring melalui zoom meeting dan YouTube streaming dengan target peserta hingga 100.000 orang terdiri dari staf kementerian dan lembaga, staf dinas sosial provinsi dan kabupaten, pilar sosial, yayasan lembaga sosial, organisasi sosial, mitra CSR, aktivis dan tokoh masyarakat serta rakyat umum.

Dalam Sambutan Menteri Sosial Republik Indonesia Ad Interim mengingatkan bahwa Covid-19 adalah musuh bersama dan perlu kesadaran serta kerja keras seluruh elemen bangsa untuk melawan dan mengalahkannya.

“Tema HKSN tahun ini sejalan dengan kondisi saat ini karena di tengah pandemi Covid-19, tidak menyurutkan semangat kita mengimplementasikan nilai-nilai kesetiakawanan sosial. Saya yakin banyak pejuang kemanusiaan lainnya yang berkontribusi termasuk dalam menekan resiko penularan Covid-19,” ungkap Menteri Muhadjir Effendy.  (Ronny)