oleh

Desa Makalehi Timur Gunakan Dandes dan ADD Sesuai Mekanisme

Sitaro– Pemerintah Desa Makalehi Timur Terus memanfatkan Pengelolaan dana desa tahun anggaran 2023. Salah satu dari tiga desa yakni  desa di pulau terluar pulau Makalehi  bagian Timur ini terus berpacu mengembangkan dan mempercantik desanya.

Desa Makalehi Timur kecamatan Siau Barat,di huni kurang lebih 191 kepala keluarga atau 536 jiwa penduduk yang tersebar di tiga lingkungan,dan hampir 70 persen masyarakatnya menggatungkan hidup dari hasil laut atau berprofesi sebagai nelayan dan 30 persennya sebagai petani ladang.

Kapitalau Desa Makalehi Timur Siman Bogar, menjelaskan dalam penggunaan Dana Desa pada tahun 2023 ini di alokasikan sebesar Rp.1 miliyar lebih, dan di peruntukan untuk pembangunan fisik seperti pembuatan drainase sepanjang 70 meter, serta penyerahan Bantuan Langsung Tunai (BLT) bagi Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dan peruntukan lainnya, baik di bidang Kesehatan,Pendidikan dan percepatan pencegahan Stunting.

“Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) yang di laksanakan di Desa Makalehi Timur, dalam penggunaannya semuanya sudah sesuai dengn aturan dan Juknis.,” jelas Bogar, saat di temui media ini, Senin (30/10/2023).

Lanjut kata Bogar, pihaknya juga berencana dan Pengelolaan Badan Usaha Milik Kampung (Bungkam) kedepannya kami rencanakan akan mengalokasikan 100 juta untuk pengadaan warung nelayan. “Dan itu sudah menjadi kesepakatan program kami nanti di tahun 2024 kedepan.” Pungkas Bogar. (heri)