oleh

Berkat Dana Desa, Pembangunan di Kampung Makalehi Induk Semakin Maju

Sitaro- Prioritas penggunaan Dana Desa di bidang infrastruktur terus dimanfaatkan untuk pembangunan desa, salah satunya pembangunan infrastruktur.

Hal itu diungkapkan Kapitalau Kampung Makalehi Induk Stefenly Tatangidatu, kepada media ini, Senin (30/10/2023).

Lanjut di katakannya, dalam pembangunan Desa Makalehi Induk, sangat bergantung pada Dana Desa. Oleh sebab itu untuk tahun 2023 ini pihaknya mendapat alokasi anggaran Dana Desa maupun ADD sebesar Rp.1 Miliyar lebih.

“Adapun pembiayaan atas keseluruh dana itu di peruntukan bagi beberapa segmen Program dalam bidang pembangunan air bersih. Pemerintah kampung menganggarkan pengadaan tempat penampunga air bersih water plan sebanyak 40 buah bagi 40 Kepala Keluarga lengkap dengan instalasinya,” Ujar Tatangidatu.

Selain itu kata Tatangidatu, dalam penggunaan anggaran Dandes, pemberian Bantuan Langsung Tunai (BLT) kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) serta Percepatan Pencegahan Stunting di biayai melalui anggaran ini, dan semuanya itu tertata lewat RKPdes yang di sepakati lewa Musdes.

“Seluruh mekanisme dan regulasi pengelolaan Dana Desa dan Alokasi Dana Desa ini sudah kami lakukan serta pemanfatan dengan benar tepat sasaran, karena ini menyangkut kebutuhan di desa kami,” Pungkas Tatangidatu.

Diketahui, desa Makalehi Induk ini di huni oleh 341 jiwa penduduk yang mata pencahariannya menggantungkan dari hasil  sumber laut atau berprofesi nelayan secara geografi letak desa ini berdekatan dengan bibir laut.

Desa Makalehi Induk adalah salah satu desa diantara tiga desa di pulau terluar pulau Makalehi, desa pertama yang memekarkan dua desa sesudahnya, yakni desa Makalehi Timur dan Makalehi Utara, berada di kecamatan Siau Barat Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro. (heri)