oleh

Cuaca Panas, Dinkes Minahasa Imbau Warga Rutin Minum Air Putih

Minahasa-Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Minahasa dr. Oliviane Rattu, M.Si,menyampaikan sebagian besar tubuh manusia membutuhkan cairan pada saat siang hari,apa lagi musim panas harus memperbanyak minum air.

“Saat kemarau, cuaca panas dampak kesehatan yang harus diwaspadai terutama pada anak – anak. Oleh karena itu minum air putih secukupnya supaya terhindar penyakit dehidrasi dalam tubuh.”Ujar dr Rattu, di ruang kerjanya,Jumat (13/10/2023).

Lanjut di katakan dr Rattu, anak-anak dan orang dewasa sangat mudah terkena penyakit akibat kurangnya minum air. Misalnya saja, saat kebutuhan air dalam tubuh anak kurang maka akan terjadi demam pada anak.

“Buat masyarakat, khususnya anak- anak dan ibu-ibu mengandung juga perbanyak minum air yang bersih dan di masak terlebih dahulu, dua liter sehari. Kemudian cuci tangan dan jaga kebersihan diri dan lingkungan,”Jelasnya.

Di tambahkan dr Rattu, untuk memastikan masyarakat aman, kami dari Dinkes Kabupaten Minahasa rutin melakukan penyuluhan pentingnya air bersih.

Tidak hanya itu, sosialisasi dan bahayanya mengkonsumsi air tidak layak minum juga disampaikan kepada masyarakat oleh tiap Puskesmas.

“Kami sudah menyiapkan dan mengantisipasi serta melakukan penyuluhan kepada masyarakat, terkait manfaat air minum. Juga penyakit- penyakit yang ditimbulkan yang di akibatkan mengkonsumsi air yang kurang bersih.” Tutupnya. (Ronny).