Cegah Demam Berdarah, PKM Unsrat Gelar Penyuluhan

Manado – Fakultas Kedokteran Unviresitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado, melalui program kemitraan masyarakat (PKM), melakuan penyuluhan pemberantasan serangan nyamuk demam berdarah. Kegiatan tersebut dipusatkan di Puskesmas Tikala.

Dosen Fakultas Kedokteran Unsrat,Dr dr Martha Marie Kaseke,M.Kes, mengatakan Demam Berdarah dapat terjadi dimana saja, tidak memandang status sosial masyarakat.

“Demam Berdarah dapat terjadi dimana saja, tidak memandang status sosial masyarakat. Guna pencegahan, perlu melakuan penyuluhan pemberantasan serangan nyamuk demam berdarah,” Ujar Martha didampingi dr Cristilia G Wagiu.

Dikatakan,tujuan dari kegiatan tersebut untuk pengetahuan masyarakat tentang pemberantasan sarang penyakit nyamuk demam berdarah.Kegiatan ini juga dirangkaikan Posyandu Kelurahan Paal IV Lingkungan III.

“Mari kita bersama-sama menjaga kebersihan lingkungan disekitar kita untuk menghindari penyakit demam berdarah ini,” tegas Martha.

Lebih jauh dikatakan, masyarakat sangat antusias mengikuti sosialisasi ini. Kegiatan diawali prestest dengan menjalankan kusioner yang diisi masyarakat guna menilai tingkat pengetahuan akan pemahaman dan pencegahan melalui pemberantasan sarang nyamuk dengan hasil pemahaman rata-rata 70 persen.

Ikut serta membentuk suksesnya kegiatan ini tenaga kesehatan dari Puskesmas Tikala yang menjadi mitra kerjasama serta mahasiswa FKM yang sedang magang di Puskesmas Tikala dan Mahasiswa Fakultas Kedokteran Unsrat. Tampak juga kepala puskesmas Tikala dr Aliza Runtuwene. (*/JM)

Related posts

Leave a Comment