oleh

Cari Warga Onepute Yang Hilang, BPBD Morut, Basarnas Dan Warga Sisir Bantaran Sungai Laa

Morut-Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Morowali Utara (Morut) dibantu tim Basarnas Morowali, serta warga setempat, melakukan penyisiran diseputaran bantaran sungai Laa, untuk mencari salah seorang warga Desa Onepute, Iwan Setiawan (43) yang sehari-harinya berprofesi sebagai nelayan pencari kerang meti, yang dinyatakan hilang sejak dua hari sebelumnya, Jumat (01/03/2024).

Penyisiran untuk mencari korban hilang tersebut, dipantau langsung Kepala BPBD Morut, Delfia Parenta ST dan sejumlah stafnya, Kades Onepute, Suhardin Sakaria, serta sejumlah masyarakat yang mememadati pinggiran sungai Laa.

Kepala BPBD Morut, Delfia Parenta, disela-sela pencarian korban hilang itu, menjelaskan, hingga saat ini pihak BPBD Morut di bantu tim Basarnas Morowali, serta warga setempat, terus bekerja semaksimal mungkin menyisir bantaran sungai Laa, untuk mencari korban yang hilang tersebut.

“Jika sampai hari ini korban belum ditemukan, besok Sabtu (02/03/2024), kami dan tim Basarnas dibantu warga setempat, akan melakukan penyisiran dari arah muara sungai Laa. Karena biasanya diprediksi pada hari ketiga, korban tenggelam sudah akan mengapung. Untuk itu penyisiran kita akan fokus dari arah muara sungai Laa, hingga ke lokasi Tempat Kejadian Perkara (TKP) awal, ” jelas Delfia Parenta.

Sebelumnya, Kades Onepute, Suhardin Sakaria, menjelaskan, berdasarkan kronologis kejadiannya, peristiwa naas yang menimpa salah seorang warganya itu, saat ia bersama anaknya dan rekan korban, mencari kerang meti di bantaran sungai Laa Desa Tompira. Penyelaman dilakukan dengan menggunakan alat kompresor. Saat menyelam, tiba – tiba selang kompresor yang dipakai untuk membantu alat pernapasan terlilit akibat derasnya arus sungai.

“Seketika itu korban berusaha untuk naik kepermukaan, tetapi usaha korban gagal, karena saat menyelam korban memakai alat pemberat besi di badannya,” jelas Kades Onepute, menirukan penjelasan anak korban.

Hingga berita ini ditayangkan, pencarian korban hilang, masih terus dilakukan pihak BPBD Morut, dibantu Basarnas Morowali, serta warga setempat. (NAL)