oleh

Bupati Pohuwato Lobi Kemenkes Soal Dana Alokasi Khusus

Pohuwato-Bupati Pohuwato Saipul A.Mbuinga berkunjung ke Gedung Kementerian Kesehatan (kemenkes) RI untuk melobi Dana Alokasi Khusus (DAK) fisik bidang kesehatan tahun anggaran 2024, Jum’at, (4/8/2023).

Dalam kunjungan ini, Bupati Saipul menyerahkan proposal usulan anggaran DAK fisik bidang kesehatan tahun anggaran 2024, dan di terima langsung Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan RI, Kunta Wibawa Dasa Nugraha, S.E.,M.A.,Ph.D. di Lt.2 Gedung Adyatma Kementerian Kesehatan RI.

Pada pertemuan itu, Sekjen Kemenkes, Kunta Nugraha mengapresiasi kinerja Pemda Pohuwato yang serius membangun kesehatan dengan menjadikan visi sehat sebagai yang terdepan.

“Ia, berbagai program yang dijalankan ini sangat baik dan kami sangat mengapresiasi, di mana Pohuwato mampu menurunkan angka stunting, komitmen pemerintah daerah mempertahankan UHC, program 1 dokter 1 kecamatan. Kami ingin berkunjung dan melihat secara langsung upaya-upaya yang telah dilakukan oleh Pemda Pohuwato”,ungkapnya.

Selain itu, Sekjen juga mengapresiasi keberhasilan daripada Kabupaten Pohuwato yang mempunyai visi sehat, maju, sejahtera yang mampu menurunkan stunting 6,04 persen, sehingga akan diperintahkan tenaga kesehatan untuk belajar di Kabupaten Pohuwato bagaimana cara menurunkan stunting yang nasional berada diangka 14 persen.

Bukan itu saja, diakhir penyampainnya, Sekjen Kemenkes Kunta Wibawa Dasa Nugraha di dampingi oleh Plh. Kepala Biro Perencanaan dan Anggaran, Kementerian Kesehatan RI menyampaikan akan memperhatikan usulan DAK Fisik Kabupaten Pohuwato berdasarkan skala prioritas pembangunan kementerian kesehatan agar sejalan dan sinergi dengan pencapaian target RPJMN.

Selaku pemerintah daerah, Bupati Saipul Mbuinga yang didampingi Kadis Kesehatan, Fidi Mustafa, Kepala BKPSDM, Supratman Nento, Dirut RSUD Bumi Panua, dr. Yenni Ahmad, dan Kabid Pelayanan dan sumber daya kesehatan (SDK), Yusran Mohamad menyampaikan terima kasih kepada sekjen kemenkes yang telah bersedia menerima proposal DAK fisik bidang kesehatan TA 2024.

“Terima kasih banyak atas sambutan dan penerimaannya, semoga proposal kami bisa diperhatikan. Keinginan untuk berkunjung ke daerah kami sangat diharapkan, sehingga program apa saja yang kami laksanakan bisa dilihat secara langsung”,ungkap bupati.

Dijelaskan pula, masalah kesehatan menjadi terdepan bagi daerah kami. Terkait stunting kami mampu menurunkannya sampai di angka 60,4 persen di 2022 dari 34,6 persen di tahun 2021.

Selain itu, komitmen dalam mempertahankan UHC terus menjadi perhatian pula dalam rangka mencapai tingkat kesehatan di masyarakat. Artinya, dengan UHC ini maka masyarakat yang berobat cukup memperlihatkan KTP di puskesmas maupun di rumah sakit sudah bisa dilayani.

“Kami juga punya program 1 dokter 1 kecamatan yang saat ini anak-anak kami sedang mengenyam pendidikan di beberapa universitas yang sudah melakukan kerja sama dengan daerah kami. Ini adalah upaya kami agar kedepan tersedianya dokter ahli di Kabupaten Pohuwato”,terang Bupati Saipul Mbuinga. (*/Ain)