oleh

Bupati Joune Ganda Membuat Terobosan! Realisasi Investasi Tertinggi di Sulut Tahun 2023

-Berita, Minut-934 Dilihat

Jakarta – Bupati Minahasa Utara, Joune  Ganda menyambangi Kementerian Investasi/BPKM RI guna melakukan audiens bersama Menteri Investasi/BPKM Bahlil Lahadalia. Senin, (11/09/2023).

Kunjungan tersebut dimaksudkan untuk mengungkapkan pencapaian terkait realisasi investasi Kabupaten Minahasa Utara tahun 2023,

Dalam pertemuan ini Bupati Joune Ganda didpingi Kepala Dinas Penanaman Modal dan PTSP Minut  Richard Dondokambey menyampaikan bahwa Minahasa Utara telah mencapai hampir 1 Triliun rupiah (929,165 Milyar) dalam investasi hingga semester 1 tahun 2023. Angka ini mengesankan, mencapai 50.15% dari target Kementerian Investasi BKPM RI dan 67,42% dari target RPJMD. Sementara tahun sebelumnya 2022, Minahasa Utara telah melampaui semua ekspektasi dengan mencapai 2,43 Triliun, atau 101,52% dari target nasional dan 185,71% dari target RPJMD.

“Atas capaian nilai transaksi investasi diatas, maka Kabupaten Minahasa Utara di berada pada Peringkat ke-1 capaian investasi dari Kabupaten/Kota se-Sulawesi Utara”, tandas Bupati.

Bupati Joune Ganda juga menekankan pentingnya mendukung calon investor dengan transparansi dan digitalisasi dalam birokrasi.

“Selama memimpin Kabupaten Minahasa Utara, soal sektor investasi  menjadi salah satu prioritas program yakni dengan membuka peluang berinvestasi sesuai dengan potensi Sumber daya alam sesuai dengan kebijakan sustainable development atau pembangunan yang berkelanjutan yakni mempertimbangkan aspek keselamatan lingkungan dan aspek strategis lainnya”, kata Bupati JG.

Selama kepemimpinannya, investasi telah menjadi prioritas utama, dengan fokus pada pembangunan berkelanjutan yang memperhatikan lingkungan dan aspek strategis lainnya. Kabupaten Minahasa Utara kini dikenal sebagai destinasi primadona untuk berinvestasi.

Terkait komitmen Bupati Joune Ganda terhadap iklim investasi, Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara baru-baru ini meraih REI Sulut Award III kategori Pemerintah Kabupaten/Kota dengan Pelayanan Perizinan Terbaik. Penghargaan ini diserahkan oleh Wakil Gubernur Sulawesi Utara Steven Kandouw dalam acara Musyawarah Daerah (Musda) Real Estate Indonesia (REI) Sulut.

Selain membahas investasi, dalam kunjungan ini, Bupati Joune Ganda juga memperkenalkan Elisha Lumintang, putri Otonomi Indonesia 2023 asal Minahasa Utara. Semua ini adalah bukti komitmen Minahasa Utara dalam menjaga dan mengembangkan iklim investasi yang kondusif dan mendukung pertumbuhan ekonomi daerah. (***)