oleh

Bupati Delis Buka Sosialisasi Upaya Pencegahan Tindak Pidana Korupsi Pengadaan Barang Jasa Pemerintah

Morut Sulteng-Dalam Rangka memperingati Hari Bhakti Adhyaksa Ke-63 tahun 2023. Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Morowali Utara (Morut) bekerja sama dengan Cabang Kejaksaan Negeri (Cabjari) Morowali di Kolonodale, menggelar kegiatan Sosialisasi “Upaya Pencegahan Tindak Pidana Korupsi Dalam Pelaksanaan Pengadaan Barang Dan Jasa Pemerintah”, di Aula Hotel Bougenville, Senin (17/07/2023).

Bupati Morut, Dr dr Delis Julkarson Hehi MARS, saat membuka kegiatan tersebut, mengatakan, pengadaan barang dan jasa saat ini telah dilaksanakan secara elektronik. Hal tersebut dilakukan agar efisiensi dan transparansi atas pengadaan barang dan jasa bisa terlaksana dengan baik.

“Harapannya dengan giat sosialisasi seperti ini, kasus – kasus tindak pidana korupsi yang mungkin saja terjadi pada proses pengadaan barang dan jasa bisa dicegah dengan baik, “kata Bupati Delis.

Bupati Delis, yang saat ini masih dalam masa pemulihan pasca operasi mata, mengaku sangat mengapresiasi berbagai terobosan yang telah dilakukan Kejaksaan Agung (Kejagung), dalam merealisasikan program-program yang berpihak kepada rakyat.

Salah satu terobosan itu, adalah Keadilan Restoratif atau yang biasa dikenal dengan Restorative Justice, wujud dari keadilan yang berpusat pada pemulihan korban, pelaku kejahatan dan masyarakat, serta program Jaksa Garda Desa (Jasa Desa), yakni program yang meningkatkan kesadaran hukum bagi Pemerintah Desa.

Pada kesempatan itu, Bupati Delis, tidak lupa mengucapkan terima kasih kepada pihak Cabjari Morowali di Kolonodale yang selama ini telah melakukan pendampingan terhadap berbagai proses pengadaan barang dan jasa yang ada di lingkup Pemda Morut.

“Mari ikuti sosialisasi ini secara optimal, dalam rangka menjaga dan mencegah diri kita dari tindak pidana pada pelaksanaan pengadaan barang dan jasa, ” ujar Mantan Anggota DPD RI Periode 2014 – 2019.

Pembukaan kegiatan tersebut, dilanjutkan dengan sosialisasi yang disampaikan oleh nara sumber, Rahfan Mokoginta SKM MSA CCMS CPSp.

Turut hadir dalam kegiatan itu, Ketua DPRD Morut diwakili Yanto Baoli, Sekda Morut Ir Musda Guntur MM, Kasat Reskrim Polres Morut Arsyad Ma’aling SH MH, Kacabjari Kolonodale diwakili Erin Pradana SH. Kepala Bagian Pengadaan Barang dan Jasa Moh. Ridho Hamzah SPi Msi AIFO-P, serta para Pejabat Pembuat Komitmen, Pejabat Penata usahaan Keuangan, PPTK, Camat, Kasubag Program, dan operator di masing-masing OPD dilingkup Pemda Morut. (HMS/NAL)