Bupati Bolmut Tinjau Persiapan Budidaya Tambak Udang

Pinogaluman –  Bupati Bolaang Mongondow Utara  (Bolmut) Drs. H. Depri Pontoh meninjau lokasi persiapan budidaya tambak udang di Desa Dalapuli Barat, Desa Buko, Desa Tombulang Pantai dan Desa Tuntung, di Kecamatan Pinogaluman,Jum’at, (07/02/2020).

Tinjauan ini terkait dengan arah pembangunan di Kabupaten Bolmut yang telah dibagi menjadi 6 klaster pembangunan dan Pinogaluman sebagai pusat kelautan dan perikanan (Mina Politan).

Bupati berharap nantinya persiapan budidaya tambak udang ini harus diupayakan agar sukses dan berkembang dengan sistem pengelolaan yang baik.

“Karena ini nantinnya akan menjadi nilai tambah peningkatan ekonomi di Kabupaten Bolmut khususnya di desa-desa yang berada di Kecamatan Pinogaluman menjadi maju, dan di wilayah lainnya pun tidak menutup kemungkinan jika memiliki budidaya udang, dan menjadi bagian dari proses pembangunan juga harus maju.” Ucap Bupati.

Dalam kesempatan yang sama, Kadis Kelautan dan Perikanan Ir. Zakaria Babay menyampaikan bahwa pembangunan perikanan tangkap maupun perikanan budidaya di Kec. Pinogaluman mendudukung penerapan tata ruang Kabupaten Bolaang Mongondow Utara.

Selain itu, Kadis mengatakan persiapan pembudidayaan ini terutama untuk rakyat yang telah dibina oleh Balai Perikanan Budidaya Air Payau Situbondo Jawa Timur Kementrian Kelautan dan Perikanan RI.

“Rakyat yang dibina nantinya akan mendapatkan bantuan bibit udang dan bantuan sarana produksi tambak udang”, Ujar Babay.

“Jenis bibit udang yang nantinya akan dibudidayakan adalah jenis Vannamei yaitu jenis udang ekspor yang terkenal”. tambah Babay.

Di tempat yang sama, Sangadi Desa Dalapuli Barat Hamzah Toana mengatakan bahwa Desa Dalapuli Barat telah mempersiapkan lokasi 5 Hektar untuk budidaya tambak udang dan juga telah mengajukan proposal ke Dinas Kelautan dan Perikanan. (*/JM)

Related posts

Leave a Comment