oleh

Buka Pelatihan Alat Berat Berbasis Kompetensi,Sekda Musda Harap Peserta Lulus Bisa Segera Bekerja

Morut,Sulteng -Dalam rangka memberikan fasilitas yang layak dan memadai bagi putra/putri daerah Morowali Utara (Morut), untuk bisa memperoleh keterampilan dan pekerjaan sesuai dengan skil yang dimiliki, Pemerintah Daerah (Pemda) Morut bekerja sama dengan PT Total HR Indonesia, menggelar kegiatan Pelatihan Alat Berat Berbasis Kompetensi, dibuka langsung Sekretaris Daerah ( Sekda) Morut, Ir Musda Guntur MM, di ruang pola kantor Bupati Morut, Senin (24/07/2023).

Kegiatan yang di inisiasi langsung Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Morut ini, diikuti sebanyak 330 putra / putri Morut, yang dilaksanakan selama tiga pekan kedepan.

Bagi peserta pelatihan yang dinyatakan lulus, akan langsung ditempatkan untuk bekerja di PT Gunbuster Nickel Industry (GNI) nantinya.

Sekda Musda, saat membuka kegiatan, menjelaskan, biaya pelatihan tersebut merupakan subsidi dari Pemda Morut. Oleh karena itu, para peserta diminta dapat mengikuti pelatihan ini dengan baik, sehingga ilmu dan keterampilan yang diperoleh, bisa di ejawantahkan dengan baik dan maksimal nantinya.

“Harapan kami, putra/putri daerah yang dinyatakan lulus nantinya, bisa segera ditempatkan untuk bekerja di PT GNI maupun perusahaan tambang lainnya di Morut, ” jelasnya.

Ia juga meminta, kepada pihak penyelenggara agar bisa memberikan pengetahuan terkait aturan-aturan apa saja yang ada di perusahaan. Sehingga para peserta dapat lebih memahami apa yang menjadi hak dan kewajibannya apabila diterima bekerja nantinya.

“Kami berharap, dalam proses pelatihan nantinya, para peserta juga diberikan pengetahuan terkait aturan yang berlaku di perusahaan, sehingga pemahaman hak dan kewajiban antara perusahaan dan pekerja dapat dipahami dengan baik, ” ujar Mantan Kepala Bapeda Morut itu.

Sekaitan dengan penandatanganan Memorandum Of Undestanding (MoU) antara Pemda Morut dengan PT ISM, bisa menjadi langkah awal yang dilakukan untuk mengetahui seberapa banyak jumlah pekerja yang telah diserap oleh perusahaan-perusahaan yang ada di bumi tepo asa aroa tercinta.

Sebelumnya, Kadisnakertrans Morut,
Kartiyanis Lakawa ST, melaporkan, pelatihan tersebut merupakan bentuk komitmen positif Pemda Morut, dalam rangka mewujudkan Visi daerah ini, yakni meningkatnya kompetensi dan SDM putra/putri daerah, termasuk dalam hal rekrutmen tenaga kerja menjadi prioritas utama.

“Harapannya pelatihan ini, bisa menjadi alternatif bagi putra/putri daerah yang belum sempat menempuh pendidikan kuliah, untuk bisa memperoleh skil yang mumpuni sesuai dengan klasifikasi yang
dibutuhkan pihak Perusahaan, ” tandasnya.

Turut hadir dalam kegiatan itu, sejumlah Pimpinan OPD dijajaran Pemda Morut, Perwakilan PT ISM, PT GNI, PT Trinusa Daya Utama (TDU), PT COR dan PT Total HR Indonesia. (*/NAL)