oleh

BKKBN Sulut Gelar Workshop Verifikasi dan Validasi Data KRS

-Sulut-384 Dilihat

Sulut-Perwakilan BKKBN Sulut menggelar Workshop/Orientasi Verifikasi dan Validasi Data Keluarga Berisiko Stunting (KRS) tingkat Provinsi Sulawesi Utara.

Kegiatan tersebut di buka Kepala Perwakilan BKKBN Prov. Sulut Ir. D. Tino Tandaju, M.Erg, bertempat di Hotel ASTON Manado, Rabu (03/04/2024).

Pada kesempatan itu, Kaper BKKBN Sulut mengatakan TPK harus memiliki data By Name By Address untuk setiap kelompok sasaran yang akurat, valid dan termutakhir/terbaru dengan melalui kegiatan pemutakhiran, pemutakhiran verifikasi dan validasi data.

“Dengan harapan melalui workshop Verifikasi dan validasi data KRS ini dapat membangun sinergi bersama dalam menghasilkan kuantitas dan kualitas data Keluarga Berisiko Stunting.” Ujar Tandaju.

Lanjut di katakan Kaper BKKBN Sulut, pelaksanaan kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan kompetensi peserta workshop dalam pengelola data Kab/kota dan mekanisme pelaksanaan pengumpulan dan pengolahan data, serta persamaan persepsi dalam melaksanakan verifikasi dan validasi data keluarga berisiko stunting.

“Semoga kegiatan ini dapat mendukung terlaksanannya kegiatan verifikasi dan Validasi Data di tingkat kab/kota sehingga menghasilkan data yang akurat dan dapat digunakan sebagai bahan kajian dan intervensi bagi program percepatan penurunan stunting di Provinsi Sulawesi Utara.” Ujar Tandaju.

Diketahui,Pelaksanaan pengumpulan Data Verval Keluarga Resiko Stunting (KRS) dilakukan langsung oleh TPK (Tim Pendamping Keluarga) dengan Supervisi/Pengawasan PKB/PLKB dan pelaksanaannya agar dilakukan bersamaan dengan kegiatan pendampingan, begitu mendapati keluarga sasaran yang didata memiliki status BERISIKO.

Peserta Workshop/Orientasi Verifikasi dan Validasi Data Keluarga Berisiko Stunting tingkat Provinsi Sulawesi Utara adalah pengelola data, Satgas Stunting Provinasi Sulut dan ketua pokja satgas stunting. (J.Mo)