oleh

Berjasa,Gubernur Olly Dondokambey Dianugerahi Gelar Kehormatan Bintang Jasa Utama oleh Presiden Jokowi

-Berita, Sulut-1154 Dilihat

Sulut-Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey menjadi satu di antara 18 tokoh yang akan menerima gelar tanda jasa dan kehormatan dari Presiden RI Joko Widodo (Jokowi). Dia menjadi satu-satunya Kepala daerah yang mendapat penghargaan dari negara tersebut.

Penghargaan ini diungkapkan oleh Asisten I Denny Mangala. Dikatakannya, Pemerintah Provinsi (Pemprov), Kabupaten/Kota dan seluruh masyarakat Sulut sangat berbangga, dimana Gubernur Olly Dondokambey dinilai oleh pemerintah pusat merupakan tokoh nasional yang layak memperoleh Bintang Jasa Utama.

“Rencananya akan diberikan oleh Pak Presiden Jokowi di Istana Negara pada 14 Agustus nanti. Ini kebanggaan untuk kita masyarakat karena Pak Gubernur kita diberikan gelar yang luar biasa prestisius yaitu Bintang Jasa Utama,” ungkap Mangala, saat Apel Pencanangan Rangkaian Kegiatan HUT ke- 78 RI dan HUT ke- 59 Provinsi Sulut, di Lapangan Kantor Gubernur Sulut, Jumat (4/8/2023).

Adapun dibeberkan lagi Mangala, indikatornya, sebelum ditetapkan sebagai salah satu penerima, Gubernur Olly diminta oleh pemerintah pusat melalui Tim Pemberian Tanda Kehormatan/Jasa yang diketuai Menkopolhukam Mahmud MD terkait jasanya selama memimpin Sulut.

“Apa saja penghargaan yang diperoleh kemudian program gubernur yang terkait langsung dengan masyarakat Sulut. Contohnya, Mari Jo Ba Kobong, program BPJS Ketenagakerjaan seperti Pesona dan Perkasa. Bahkan, program Perkasa justru satu-satunya di Indonesia dan ini diapresiasi oleh pemerintah pusat. Masih juga ada yang lain seperti export ke Jepang. Ini kan semua untuk masyarakat Sulut. Dari penilaian itu Pak Gubernur layak dan pantas menerima penghargaan ini,” tukasnya.

Diketahui, Bintang Jasa Utama merupakan penghargaan tertinggi yang diberikan untuk menghormati seseorang atas jasa dan perjuangannya. Penghargaan ini diberikan kepada mereka yang berjasa besar terhadap negara dan bangsa dalam suatu bidang, peristiwa, atau hal tertentu.

Berikut daftar 18 tokoh penerima tanda jasa dan kehormatan dari Jokowi:

Bintang Mahaputera Utama
– Saldi Isra (Wakil Ketua MK)
– Sukma Violetta (Anggota KY)
– Joko Sasmito (Anggota KY)

Bintang Mahaputera Pratama
– Komjen (purn) Boy Rafl Amar (Eks Kepala BNPT)

Bintang Jasa Utama
– Sumartoyo (Anggota KY 2015-2020).
– Makarim Wibisono (Penasihat Senior Menteri LHK).
– Anak Agung Gede Ngurah Ari Dwipayana (Stafsus Presiden).
– Sukardi Rinakit (Stafsus Presiden).
– Olly Dondokambey (Gubernur Sulawesi Utara).

Bintang Budaya Paramadharma
– Tjokorda Gde Agung Sukawati
– Kanjeng Gusti Pangeran Haryo Joyokusumo
– Wishnutama Subandrio (Mantan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif).
– Gianni Infantino (Ketua FIFA)

Bintang Jasa Pratama
– Soehardjono Sastromihardjo (Duta Besar untuk Kenya, United Nations Environment Programme dan UN-Habitat).
– Sudharto Prawoto Hadi (Guru Besar Manajemen Lingkungan Undip)
– Edvin Aldrian (Peneliti Utama BRIN).

Bintang Republik Indonesia Adipradana
– Iriana Joko Widodo
– Wury Estu Handayani. (***)