BATAN Gelar Sosialisasi Tekhnologi Nuklir Untuk Petani di Kota Tomohon

Tomohon – Walikota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak melalui Asisten Perekonomian Ir Djoike Karouw MSi menghadiri sekaligus membuka kegiatan Sosialisasi hasil Litbang (Penelitian dan Pengembangan) BATAN (Badan Tenaga Nuklir Nasional) dilaksanakan di Balai Kelurahan Wailan Kecamatan Tomohon Utara, Selasa (5/3/19).

Dalam sambutannya Walikota Tomohon melalui Asisten Perekonomian Ir Djoike Karouw MSi berharap melalui sosialisasi ini, Pemerintah dan masyarakat Kota Tomohon dapat menerapkan pemanfaatan teknologi nuklir hasil Penelitian dan Pengembangan Badan Tenaga Nuklir Nasional khususnya di bidang pertanian, sehingga masyarakat mendapatkan manfaat yang besar dari teknologi tersebut yang pada akhirnya dapat menciptakan kepercayaan masyarakat terhadap produk teknologi nuklir, guna mendorong peningkatan pengembangan dan penguasaan teknologi nuklir serta pemanfaatan produk hasil Litbang BATAN bidang pertanian di Kota Tomohon.

Sementara itu Deputi Kepala BATAN Bidang Teknologi Energi Nuklir Ir Suryantoro MT, menjelaskan nuklir tidak hanya dikembangkan didunia militer, namun juga digunakan pada bidang peternakan, kesehatan, energi, dan bidang lainnya, dan untuk diketahui bahwa telah banyak hasil teknologi pemanfaatan nuklir untuk berbagai bidang namun belum diketahui oleh masyarakat umum.

“Seperti juga dalam bidang pertanian, melalui pemanfaatan nuklir, telah menghasilkan beragam varietas unggul tanaman pangan seperti kedelai, kacang hijau, sorgum, kacang tanah, gandum tropis. Bahkan untuk tanaman padi, pemanfaatan nuklir teknik mutasi radiasi yang berkontribusi pada lebih dari 10 persen unggul Nasional, telah menghasilakan 23 varietas,” jelas Suryantoro.

Tujuan pemanfaatan ini, yakni untuk meningkatkan Produksi tanaman padi menjadi unggul dan lebih unggul, sehingga dapat meningkatkan hasil pertanian tanaman padi bagi para petani.

Kesempatan itu, pihak BATAN menyerahkan secara simbolis bantuan berupa benih kepada para perwakilan petani dari 5 kelurahan.

Peserta dalam kegiatan tersebut, para kelompok tani dari kelurahan Kamasi 1, Wailan, Kayawu, Taratara, serta Kakaskasen.

Hadir dalam kegiatan, anggota komisi VII DPR RI Bara Hasibuan Walewangko yang mengurusi energi, listrik, gas, pertambangan, lingkungan hidup dan teknologi, hadir pula Rektor UKIT Yopie Pengemanan SPd MM, Camat Tomohon Utara Ir Martine Mamesah MSi, Lurah Wailan Sidonia Kaparang SPd, serta tokoh pemuda Ashley Rumajar. (Oma)

Related posts

Leave a Comment