Antisipasi Kenaikan Harga,Pemkab Minahasa Gelar Rakor TPID 2019

Tondano – Pemkab Minahasa melalui Kepala Bagian Perekonomian Dan Pertambangan Energi Gelar Rapat Koordinasi Tim Pengendali Inflasi Daerah Kab. Minahasa Tahun 2019. Bertempat di Ruang Sidang Kantor Bupati Minahasa. Kamis (28/11/2019).

Sambutan Bupati Minahasa Ir. Royke O. Roring. M.Si di sampaikan Asisten Perekonomian dan Pembanguanan Sekda Kab Minahasa Drs. Hanes D. Wagey, MBA,mengajak semua terkumpul di tempat ini untuk menghadiri Rapat TPID.

“Rapat ini sangat penting mengingat saat ini kita akan menghadapi hari raya Keagamaan Natal dan Tahun Baru. Peranan Pemerintah  dalam rangka hari raya tersebut, melakukab strategi guna menjamin kesetaraan pangan, BBM Bersubsidi, LPG tabung 3 Kg, keterjangkauan harga bahan pokok, dan kelancaran distribusi pangan supaya tetap tersedia serta menjaga kelancaran transportasi atas arus barang.”ujar Wagey.

Dikatakan dalam rangka menjaga stabilitas harga bahan pokok dalam menghadapi situasi dan kondisi kedepan, maka langkah-langkah yang perlu kita antisipasi dan laksanakan sebagai berikut :
-Melakukan 4 K (Ketersedian pasokan, keterjangkauan harga, kelancaran distribusi dan komunikasi yang efektif antar instansi terkait)
-Pemantauan Harga
-Melakukan operasi pasar murah
– menjamin keamanan distribusi bahan kebutuhan pokok masyarakat, dan
– melakukan pengendalian dan pengawasan penggunaan bahan bakar minyak (BBM) serta LPG tabung 3 kg.
Menindaklanjuti langkah-langkah tersebut di atas, rapat koordinasi ini kita akan membahas bersama beberapa hal, yaitu :
1. Ketersediaan bahan pokok pangan dan BBM bersubsidi serta LPG tabung 3 kg
2. Pemantauan ketersediaan, kelancaran distribusi bahan pokok, BBM bersubsidi dan LPG tabung 3 kg.
3. Keterjangkauan harga bahan pokok di pasar pasar tradisional antara lain cabe yang hingga saat ini masih dijual Rp. 60.000/kg.
4. Pasar Murah. “Ujarnya.

Pada kesempatan ini beliau juga mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada pihak perwakilan Bank Indonesia provinsi Sulawesi Utara yang telah berperan sebagai fasilitator terhadap perkembangan inflasi di Kabupaten Minahasa dan kepada semua stakeholder yang telah mengambil bagian dalam rapat koordinasi saat ini.

“Selamat melaksanakan rapat koordinasi dengan harapan semoga pertemuan ini dapat dimanfaatkan sebagai media koordinasi dan evaluasi yang akan menghasilkan rumusan dan rekomendasi dalam rangka menjaga stabilitas harga pangan demi terwujudnya visi Bupati dan Wakil Bupati Minahasa yaitu Minahasa maju dalam ekonomi dan budaya, berdaulat, adil dan sejahtera.”Tutupnya.

Turut hadir Kepala Dinas Pertanian Yeittij Roring, SP, Kepala Dinas Pangan Ir. Subhan Thorar , Kepala Dinas Koperasi Moudy Lontaan, Perwakilan dari Pertamina dan Bulog.  (Ronny Rantung)

Related posts

Leave a Comment